Cara Berlangganan Paket Pelajar di Spotify dan Apple Music

Oleh: Adrian Samudro - 23 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara berlangganan paket pelajar untuk layanan streaming Spotify dan Apple Music.
tirto.id - Layanan streaming musik saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan tersendiri bagi sejumlah orang, baik untuk menemani aktivitas sehari-hari atau sekedar hiburan saja.

Selain menyediakan lagu-lagu yang lengkap dari berbagai pilihan musikus lokal hingga internasional, layanan ini juga terbilang praktis dan mudah digunakan.

Cukup dengan membayar biaya bulanan, para pengguna yang terdaftar dapat menggunakan fasilitas lengkap yang ditawarkan oleh penyedia layanan, seperti bisa mendengarkan musik secara offline dan terbebas dari iklan.

Akan tetapi, biaya langganan seringkali menjadi persoalan bagi sebagian orang, terutama bagi para pelajar atau mahasiswa yang belum memiliki penghasilan tetap.

Untuk menjawab persoalan tersebut, dua layanan streaming yakni Spotify dan Apple Music menawarkan biaya berlangganan khusus untuk pelajar.

Spotify menawarkan biaya berlangganan premium khusus pelajar sebesar Rp24.990/bulan, ditambah dengan 3 bulan gratis bagi pengguna yang belum pernah mencoba layanan premium di platform tersebut.

Begitu pula dengan Apple Music yang juga menyediakan program uji coba selama 3 bulan secara gratis sebelum dikenai biaya berlangganan khusus untuk pelajar sebesar Rp29.000/bulan.

Berikut adalah cara berlangganan paket khusus pelajar untuk Spotify dan Apple Music.

Spotify

- Sebelum memulai, pastikan Anda sudah memiliki atau membuat akun Spotify terlebih dahulu.

- Kemudian pastikan juga Anda belum pernah mencoba fitur premium dari layanan streaming ini jika ingin mendapatkan layanan uji coba gratis selama 3 bulan.

- Buka akun melalui aplikasi Spotify di smartphone atau PC

- Pilih menu premium

- Pilih layanan premium student

- Jika diminta, ketuk verifikasi Anda sebagai pelajar

- Kemudian Anda akan diminta untuk mengisikan data diri yang akan diverifikasi oleh pihak ketiga yakni SheerID

- Jika diminta, isikan data diri Anda seperti nama lengkap, nama perguruan tinggi, alamat email dan nomer telepon (untuk konfirmasi verifikasi akun)

- Setelah selesai, Anda diminta untuk konfirmasi akun Spotify milik Anda

- Setelah itu, ketuk dan pilih langganan premium pelajar untuk melanjutkan proses

- Isi dan pilih metode pembayaran yang akan Anda gunakan nantinya

- Jika diterima, Spotify Anda akan secara otomatis terdaftar dalam program layanan premium Spotify untuk pelajar.


Apple Music

- Unduh aplikasi Apple Music di perangkat iOS, Mac, Android, atau PC.

- Jika sudah, buka dan masuk ke aplikasi Apple Music

- Jika Anda pengguna baru Apple Music, platform ini akan secara otomatis menawarkan uji coba gratis selama 3 bulan sebelum Anda memulai registrasi.

- Akan tersedia 3 pilihan keanggotan (membership), pilih University Student (Pelajar) untuk dapatkan biaya berlangganan khusus seharga Rp 29.000.

- Ketuk "verifikasi kelayakan", setelah itu Anda akan dialihkan ke halaman UNiDAYS untuk melakukan verifikasi email universitas.

- Masukkan email universitas yang Anda punya (.edu / .ac.id)

- Pastikan alamat email universitas yang didaftarkan benar, karena nantinya akan dibutuhkan untuk proses verifikasi melalui email universitas tersebut

- Email verifikasi akan dikirimkan kurang lebih 1x24 jam

- Setelah masuk dan diverifikasi sebagai pelajar, Anda akan melihat pesan yang berbunyi, "Buka halaman ini di 'Musik'?" Ketuk Buka untuk kembali ke app Musik dan menyelesaikan proses bergabung.

- Jika Anda bergabung dengan Apple Music untuk pertama kalinya, ketuk penawaran uji coba. Atau, ketuk Mulai Keanggotaan Pelajar.

- Jika diminta, autentikasikan ID Apple Anda. Jika Anda tidak memiliki ID Apple, klik 'Buat Akun'.

- Meskipun mungkin diminta untuk memvalidasikan informasi terkait tagihan bualan, namun Anda tidak akan dikenakan biaya dengan harga bulanan penuh hingga periode uji coba tersebut berakhir.

- Bagi Anda yang telah berlangganan dengan program individual, Anda dapat mengubahnya langsung melalui aplikasi tersebut dengan mengikuti prosedur yang telah diberikan.


Baca juga artikel terkait SPOTIFY atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight