Cara Berhenti Layanan iRing RBT Indosat Via SMS dan Telepon

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 17 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Ada dua cara untuk berhenti berlangganan iRing RBT Indosat, yakni lewat SMS dan telepon.
tirto.id - Para pengguna kartu seluler Indosat masih ada yang menggunakan layanan nada sambung pribadi atau dikenal dengan Ring Back Tone (RBT). Pada kartu seluler tersebut, layanan nada sambung pribadi dinamakan dengan iRing dan Nadaku yang sempat populer beberapa waktu yang lalu.

Sebagai informasi, Ring Back Tone (RBT) IRing dan Nadaku tersebut merupakan potongan lagu sekitar 30 detik yang akan terdengar saat jeda tunggu telepon diangkat oleh seseorang yang menghubungi. Lagu tersebut digunakan untuk mengganti nada sambung telepon biasa.

Para pengguna dapat memilih lagu dari musisi favoritnya untuk mengisi nada sambung. Harga langganan berbeda-beda, mulai dari Rp550 per tiga hari, dan Rp3.190 per tujuh hari. Jika Anda memilih untuk berlangganan selama satu bulan, Anda akan dibebani biaya langganan sebesar Rp6.050.

Namun, untuk bulanan aktivasi pertama pelanggan akan dikenakan biaya Rp13.750 per 30 hari. Harga tersebut sudah termasuk dengan PPN. Pelanggan dapat memilih lebih dari satu lagu untuk dijadikan nada sambung tersebut.

Cara berhenti berlangganan

Namun, Anda juga dapat berhenti berlangganan iRing bila sudah bosan. Ada dua cara yang dapat digunakan yaitu via SMS dan telepon.

Untuk menghentikan langganan iRing melalui pesan singkat atau SMS, Ketik UNREG kirim ke 808. Setelah menerima SMS, pilih iRing yang ingin dihentikan dengan cara ketik S2 atau S2 atau S3, lalu kirim lagi ke 808.

Sementara bila Anda hendak menghentikan langganan iRing via telepon atau UMB, Anda dapat mengetikkan *808*10# lalu tekan tombol ikon telepon berwarna hijau. Selanjutnya, pilih iRing yang akan diberhentikan.

Dilansir laman resmi Indosat, penonaktifan iRing tidak dikenakan tarif baik melalui SMS atau telepon. Anda pun bisa memberikan iRing kepada orang lain dengan cara sebagai berikut:

  • Pilih iRing yang diinginkan (HOTCODE, Kode Lagu, atau ALIAS). Kode iRing dapat dilihat pada katalog di website https://iring.indosat.com. Anda dapat mencari berdasarkan judul, artis, atau album.
  • Kirim via SMS dengan cara ketik KIRIMHOTCODE/Kode Lagu/ALIASNoTelepon kirim ke 808
  • Pelanggan yang menerima iRing harus mengonfirmasi dengan membalas YA

Penerima iRing tidak akan dikenakan biaya. Namun, Anda sebagai pengirim akan dikenakan biaya Rp3.190 per tujuh hari.


Baca juga artikel terkait RBT INDOSAT atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight