Cara Beralih ke Layanan LinkAja Bagi Pelanggan TCASH

Oleh: Yantina Debora - 22 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pelanggan TCASH tidak perlu melakukan registrasi ulang untuk dapat menggunakan layanan LinkAja.
tirto.id - Layanan keuangan elektronik atau digital TCASH resmi berubah menjadi LinkAja mulai Jumat (22/2/2019).

Perubahan dari TCASH menjadi LinkAja guna menghadirkan layanan keuangan elektronik yang lebih baik, mudah, dan lengkap bagi masyarakat Indonesia, menurut Direktur TCASH Finarya Danu Wicaksana.

Awalnya, TCASH adalah layanan uang digital milik Telkomsel. Lalu TCASH bersama dengan berbagai layanan keuangan elektronik milik BUMN seperti Bank Mandiri (e-cash), Bank BNI (Unikqu) Bank BRI (Tbank) bergabung menjadi LinkAja.

Dikutip dari situs webnya, pelanggan TCASH tidak perlu melakukan registrasi ulang untuk dapat menggunakan layanan LinkAja.

Pelanggan hanya perlu melakukan update aplikasi TCASH menjadi aplikasi LinkAja di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS) atau memberikan persetujuan melalui channel USSD TCASH (*800#).

Akun TCASH pelanggan akan secara otomatis dikonversi menjadi akun LinkAja bersamaan dengan update aplikasi TCASH menjadi LinkAja yang tersedia atau pemberian persetujuan oleh pelanggan melalui channel USSD TCASH (*800#).

Apabila nomor Anda terdaftar sebagai pembayaran langsung di aplikasi mitra atau Transaksi TAP menggunakan NFC Sticker, maka transaksi pertama Anda akan menjadi persetujuan pengguna dan secara otomatis Anda akan berpindah dari TCASH ke LinkAja.


Saat melakukan update aplikasi ke LinkAja, saldo pelanggan di TCASH akan dikonversi secara otomatis menjadi saldo di akun LinkAja dengan nilai yang sama.

Fitur layanan di LinkAja tak jauh berbeda dengan TCASH. pembayaran menggunakan TCASH TAP, QR code (SNAP QR) maupun USSD TCASH akan tetap tersedia pada layanan LinkAja.

Namun, kedepannya fitur layanan di LinkAja akan ditambah sesuai kebutuhan konsumen.

Jika pelanggan TCASH tidak bersedia pindah ke layanan LinkAja, maka pelanggan dapat menutup akunnya di GraPARI Telkomsel terdekat. Jika terdapat sisa saldo TCASH, maka Pelanggan dapat melakukan penarikan saldo di Grapari Telkomsel terdekat.

Layanan TCASH tidak dapat diakses lagi setelah layanan LinkAja diluncurkan pada tanggal 22 Februari 2019.


Baca juga artikel terkait LINKAJA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Bisnis)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH