Cara Beli Prangko Seri COVID-19 Online dan Via Aplikasi Filateli

Oleh: Addi M Idhom - 31 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Prangko seri Covid-19 bisa dibeli secara online melalui laman filateli.co.id dan aplikasi filateli mobile.
tirto.id - Prangko seri penanggulangan Covid-19 menjadi salah satu dari empat prangko edisi khusus yang diluncurkan pemerintah Indonesia dalam rangka peringatan 75 tahun Kemerdekaan RI.

Selain edisi khusus penanggulangan Covid-19, tiga prangko lain yang diluncurkan pada 19 Agustus 2020 tersebut adalah Seri Presiden Republik Indonesia dan Wakil Presiden Republik Indonesia, 75 Tahun Indonesia Merdeka dan Artis dan Grup Musik Ternama.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan penerbitan empat seri prangko tersebut dilaksanakan secara bersamaan karena pesan yang disampaikannya selaras dengan nuansa dan nilai-nilai perjuangan dalam perayaan Kemerdekaan RI ke-75.

"Prangko memiliki nilai yang tinggi dalam hubungan internasional, pendidikan, dan sebagai media promosi bagi segala kekayaan dan keunggulan bangsa dan negara kita. Serta menjadi alat untuk mengabadikan peristiwa yang sifatnya fenomenal," kata Johnny sebagaimana dilansir laman resmi Kementerian Kominfo.

Khusus terkait dengan Prangko Seri Penanggulangan Covid-19, Johnny mengatakan penerbitannya dilakukan untuk mengapresiasi para tenaga kesehatan dan semua pihak yang telah atau sedang berjuang memberikan pelayanan kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

"Kita patut mengungkapkan rasa terima kasih kepada tenaga kesehatan dan semua pihak yang terlibat menjadi garda terdepan dalam menghadapi pandemi saat ini. Penerbitan prangko terkait Covid-19 ini menjadi peristiwa yang sangat langka," Johnny menambahkan.

Minat masyarakat untuk membeli Prangko Seri Penanggulangan Covid-19 cukup tinggi. Laporan Antara menyebutkan Prangko edisi COVID-19 telah terjual di Kantor Pos Bandung sebanyak 400 full sheet sejak diluncurkan pada 19 Agustus lalu hingga 31 Agustus 2020.

Selama ini, masyarakat bisa membeli prangko dari beragam seri di kantor-kantor Pos Indonesia yang di seluruh daerah kota dan kabupaten. Selain itu, Pos Indonesia juga memberikan layanan pembelian pranko secara online di laman Filateli.co.id.

Masyarakat bisa membeli prangko dengan mengunjungi laman filateli.co.id maupun aplikasi Filateli Mobile yang bisa diunduh dengan perangkat android di Google Playstore. Ada beragam produk yang tersedia, yakni di kategori Prangko Bentuk Tertentu dan Prangko Identitas Milik Anda (Personalized Stamp) atau disebut PRISMA.

Sementara untuk membeli prangko seri Covid-19, masyarakat bisa mengunjungi laman Filateli.co.id dan aplikasi, dengan cara sebagai berikut.

1. Pembelian melalui situs

  • Buka laman Filateli.co.id.
  • Login di laman Filateli, atau bagi yang belum mendaftar bisa registrasi di link ini.
  • Jika sudah login, klik empat pilihan produk seri Covid-19 yang bisa dipilih
  • Untuk membeli, klik ikon "Buy Now" dan ikuti petunjuk yang tersedia.

Di laman Filateli.co.id, tersedia empat produk seri Covid-19 dengan harga sebagai berikut:

  • Produk First Day Cover Seri Bersatu Melawan Covid-19: Rp14.000
  • Produk Single Stamps Seri Bersatu Melawan Covid-19: Rp9.000
  • Produk Stamp Pack Seri Bersatu Melawan Covid-19: Rp110.000
  • Produk Full Sheet Prangko Seri Bersatu Melawan Covid-19: Rp45.000.

2. Pembelian via aplikasi

  • Unduh aplikasi Filateli Mobile di playstore dan instal
  • Login atau registrasi
  • Klik kategori produk yang diinginkan, pilih prangko, pesan dan beli.


Baca juga artikel terkait PRANGKO atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight