Cara Baca Novel & Buku di NovelMe dari Download hingga Top Up Koin

Oleh: Ibnu Azis - 14 September 2020
Dibaca Normal 2 menit
NovelMe adalah salah satu platform yang mengakomodir kebutuhan membaca via aplikasi yang tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store.
tirto.id - Pada era pandemi seperti sekarang, orang-orang lebih banyak mengisi waktu di rumah dengan beragam aktivitas, salah satunya membaca.

Di zaman yang serba digital, membaca tak harus melalui media fisik, macam buku atau novel, tapi dalam bentuk lain, misalnya, via aplikasi.

NovelMe adalah salah satu platform yang mengakomodir kebutuhan membaca via aplikasi yang tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store.

NovelMe tak sekadar aplikasi untuk membaca cerita, buku, atau novel, tapi juga platform bagi para kreator. Artinya, NovelMe adalah aplikasi baca dan tulis novel.

"Kami menyediakan novel populer yang adiktif untuk Anda baca di waktu senggang maupun ketika ingin beristirahat dari kepenatan sehari-hari," penjelasan NovelMe di laman diskripsi App Store.

Baik buku, cerita, maupun novel di NovelMe dapat dibaca secara gratis, tapi pembaca membutuhkan koin untuk membuka bab-bab berbayar.

Seperti aplikasi pada umumnya, NovelMe juga menawarkan pembelian di dalam aplikasi atau in app-purchase. Harga per item bervariasi tergantung kebutuhan pembaca.


4 Bintang dari 10 Ribu Pengguna

Popularitas NovelMe di Google Play Store bisa jadi pertimbangan pengguna Android mengapa harus mencoba aplikasi ini. Di toko aplikasi Android, NovelMe menerima 4 bintang dari lebih dari 10 ribu pengguna.

"Gak tau deh mau bilang apa pokoknya novelme ini recommended banget untuk di dwonload selain cerita nya menarik para penulis di sana juga di apresiasi dengan harga yang sepadan, aku senang bisa download aplikasi ini," kata Alessandro Delpiero di kolom ulasan NovelMe di Google Play Store pada 11 September 2020.

Per 14 September 2020, NovelMe punya versi 3.9.0.2 yang terakhir kali dimutakhirkan pada 31 Juli lalu. NovelMe sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna Android.

Aplikasi ini punya ukuran 'mentah' sebesar 7,6MB dan kompatibel dengan versi Android 4.1 Kitkat atau yang lebih baru.

Sementara di App Store, NovelMe menerima 3,5 bintang dari 127 penilaian. NovelMe untuk iOS saat ini berjalan di versi 3.1.0 yang punya kapasitas 'mentah' 77,6MB.

Aplikasi NovelMe bisa diinstal di iPhone, iPad, dan iPod Touch asalkan menjalankan iOS 9.0 atau versi yang lebih baru.


Fitur Aplikasi NovelMe

Untuk menikmati fitur lengkap dari NovelMe, pembaca diwajibkan untuk mendaftar. Prosesnya tak rumit, lantaran dapat menggunakan akun Facebook atau Google.

Berikut ini beberapa fitur yang ditawarkan oleh NovelMe bagi pembaca dan penulis yang memanfaatkan platformnya.

  • Berlangganan untuk mengetahui update terbaru dari buku favorit
  • Unduh novel untuk baca novel secara offline
  • Fitur "Cari" yang lebih akurat dan cepat untuk menemukan buku yang diinginkan
  • Membaca lebih nyaman dengan mode baca malam hari
  • Mendukung penulis dengan memberi hadiah kepada mereka

Poin terakhir di atas memungkinkan pembaca memberikan semacam reward ke penulis berupa hadiah sebagai bentuk apresiasi. Bagi penulis pun reward itu bisa jadi pemicu semangat mereka untuk menulis bab-bab baru atau bahkan karya baru.


Cara Download Aplikasi NovelMe

Unduh aplikasi NovelMe tak sulit, tapi pastikan perangkat terhubung jaringan sebelum download dimulai. Untuk perangkat iOS datanya cukup besar dibanding dengan Android.

  1. Buka aplikasi Google Play Store atau App Store sesuai OS perangkat
  2. Pada menu pencarian cari aplikasi "NovelMe"
  3. Di Google Play Store, NovelMe masuk kategori "Buku & Referensi" dengan nama pengembang NovelMe.DEV
  4. Sementara di App Store masuk kategori "Buku" dengan nama pengembang FUNSOFT MOBINDO INDONESIA, PT
  5. Ketuk "Instal" setelah menemukan aplikasi NovelMe
  6. Tunggu proses unduhan dan instalasi tuntas
  7. Selesai

Lantaran NovelMe memungkinkan dibaca secara offline saat perangkat tak terkoneksi internet, aplikasi ini membutuhkan izin penyimpanan guna mengunduh novel ke perangkat. Izinkan saat muncul permintaan akses itu.


Cara Baca Novel di NovelMe

Saat pertama kali membuka NovelMe, aplikasi ini bahkan tidak meminta pembaca untuk login atau register. Pembaca bisa langsung membaca novel yang tersedia dari bab demi bab.

Seperti dikemukakan di awal, pembaca wajib menggunakan koin untuk membaca bab-bab berbayar. Koin ini perlu dibeli dengan harga bervariatif, misalnya, mulai Rp16.000 untu 16.000 koin.

Koin tersebut nantinya untuk menebus bab-bab berikutnya pada setiap novel yang bab barunya mewajibkan menggunakan koin. Dan bila persediaan koin pembaca habis atau menipis, silakan top up. Pembaca bisa membyar via GoPay, OVO, Dana, dan Google Play.

Cara baca novel di NovelMe untuk novel dengan bab gratisan:

  1. Buka aplikasi NovelMe
  2. Pilih salah satu novel yang ingin dibaca
  3. Ketuk judul novel itu
  4. Ketuk tengah layar untuk menampilkan opsi membaca: ganti font, mode malam, kerapatan paragraf
  5. Swipe layar ke kiri untuk membaca bab berikutnya

Cara top up koin NovelMe:

  1. Buka aplikasi NovelMe
  2. Pastikan sudah login atau register
  3. Pilih menu "Saya" yang letaknya di pojok kanan bawah
  4. Ketuk opsi "Akun saya"
  5. Ketuk "Top up"
  6. Pilih jumlah top up
  7. Klik "Topup" untuk membayar
  8. Selesai

Proses top up juga bisa dilakukan saat membuka bab baru novel yang berbayar atau ketika muncul notifikasi "koin tidak cukup". Di sana opsi jumlah top up mungkin berbeda lantaran otomotis menyesuaikan dengan jumlah koin pembaca saat membaca bab terakhir novel tersebut.

Bagi pembaca yang punya hasrat menulis, NovelMe mengakomodir hobinya yang tak sekadar menyediakan platform tapi juga reward bagi mereka. Berminat? Kunjungi alamat tulis.novelme.com untuk register dan unggah. Upload karya bisa bertahap.

"Tulis cerita versi kamu sendiri dengan hadiah dan royalti yang super besar bagi para penulis," penjelasan NovelMe di laman diskripsi Google Play Store.


Baca juga artikel terkait APLIKASI atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight