Cara Atasi Kantuk Tanpa Kafein: dengan Permen Karet Hingga Musik

Oleh: Arinta Wijaya Murti - 23 Agustus 2019
Dibaca Normal 2 menit
Selain minum kopi, terdapat sejumlah cara untuk meningkatkan kualitas tidur malam dan menghindari kantuk di siang hari.
tirto.id - Rasa kantuk ketika beraktivitas di siang hari adalah suatu hal yang hampir semua orang rasakan. Rasa kantuk yang berlebihan ini tentu menghambat pekerjaan sehari-hari, baik di kantor maupun di rumah.

Gangguan kantuk berat yang berlebihan ini secara medis dikenal dengan istilah hypersomnia.

Ganguan ini berupa kantuk berulang yang membuat orang ingin tidur berulang kali, bahkan saat bekerja, sebagaimana dikutip dari laman WebMD.

Masalah kantuk biasanya disebabkan karena terganggunya jam tidur malam. Selain itu, Healthline juga memaparkan penyebab kantuk karena faktor gaya hidup yang buruk, kondisi kejiwaan, kondisi medis, serta pengaruh obat-obatan.

Kebiasaan tidur yang buruk sering menjadi penyebab utama kantuk di siang hari. Kurang tidur dapat mengganggu pekerjaan dan suasana hati menjadi buruk. Tetapi kantuk sebenarnya tidak boleh ditahan karena ini merupakan ‘alarm’ bahwa tubuh butuh istirahat.

Selain minum kopi, terdapat sejumlah cara untuk meningkatkan kualitas tidur malam dan menghindari kantuk di siang hari.

1. Tidur malam yang cukup.

Hal ini mungkin terdengar sepele, tetapi banyak dari kita yang mengurangi waktu tidur di pagi hari atau di malam hari untuk melakukan kegiatan lain. Padahal orang dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam untuk tidur semalam. Sedangkan remaja biasanya membutuhkan sembilan jam penuh. Pastikan Anda sudah tidur dengan ketentuan tersebut dan kurangi begadang agar terhindar dari kantuk pada siang hari.

2. Tetapkan waktu makan yang konsisten dan sehat.

Waktu makan yang teratur juga membantu mengatur ritme sirkadian kita. Makan sarapan yang sehat daripada mengambil donat atau kopi di pagi hari. Juga makan siang tepat waktu dapat mencegah defisit energi di siang hari yang akan memperparah kantuk Anda.

3. Bergerak atau Melakukan Peregangan.

Bergerak membuat darah mengalir dan otak bekerja. Hal ini dapat kita lakukan disela-sela aktivitas kita. Jika seharian Anda bekerja di kantor dan duduk didepan layar komputer, sesekali lakukan peregangan atau bergerak ke suatu tempat. Aktivitas ini dapat menghindarkan dari serangan kantuk sekaligus mengurangi kebosanan saat bekerja.

4. Minum Air Putih

Dehidrasi membuat tubuh mudah lesu dan lelah. Inilah salah satu alasan mengapa kita harus minum cukup air setiap harinya. Jadi jika rasa kantuk mulai mendera, cobalah menyegarkan badan dengan minum beberapa gelas air.

5. Mendengarkan musik

Agar tidak mengantuk Anda bisa mendengarkan musik. Musik bisa membuat tubuh lebih rileks dan meningkatkan mood. Gunakan eraphone untuk mendengarkan musik saat bekerja agar tidak mengganggu sekitar. Pilihlah musik yang menghentak atau ceria agar meningkatkan semangat dan membuat mata melek.

6. Hirup Udara Segar

Pergi ke luar ruangan sebentar mungkin membantu Anda melawan keinginan untuk tidur. Jangan hanya berdiam diri di ruangan kerja sepanjang hari. Keluar dan cari udara segar. Aktivitas ini akan merangsang sirkulasi darah yang lebih baik, membuat Anda merasa lebih terjaga dan bahkan lebih sehat.

Saat Anda melakukannya, berjalan-jalanlah di luar. Hirup udara segar sambil meregangkan otot bisa mengirim lebih banyak nutrisi ke berbagai bagian tubuh Anda.

7. Kurangi Konsumsi Gula

Berhati-hatilah dengan makanan ringan yang memiliki kadar gula yang tinggi. Gula dan karbohidrat sederhana mungkin bisa meningkatkan energi, tapi bisa menurunkannya juga dengan cepat. Penurunan gula dalam darah yang terlalu drastis mengakibatkan tubuh lemas sehingga sering menguap dan merasa mengantuk.

Kurangi makanan manis dang anti dengan camilan ideal termasuk roti gandum dengan keju rendah lemak dan sereal gandum dengan yogurt.

8. Mengunyah Permen Mint

Jika pergi keluar dan menghirup udara segar tidak memerangi kantuk, Anda mungkin bisa mencoba mengunyah permen. Anda bisa mengunyah permen karet, permen mint, atau permen keras, agar terhindar dari kantuk.

Dilansir Science Daily, mengunyah permen karet dapat membantu Anda tetap fokus lebih lama Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan konsentrasi dalam tugas memori visual. Jadi dengan mengunyah permen karet selain menghindari kantuk juga meningkatkan konsentrasi. Ingat, hindari permen manis. Carilah yang rasa mint dan bukan gula.


Baca juga artikel terkait TIDUR atau tulisan menarik lainnya Arinta Wijaya Murti
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Arinta Wijaya Murti
Penulis: Arinta Wijaya Murti
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight