Cara Aktifkan Fitur Baru Instagram Pinned Comment

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 9 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Fitur baru Instagram, pinned comment memungkinkan pengguna untuk memilih beberapa komentar yang akan di-pin dan ditempatkan di bagian teratas kolom komentar unggahannya.
tirto.id - Fitur pinned comment akhirnya telah resmi dihadirkan Instagram untuk semua pengguna platform media sosial ini, pada awal Juli 2020. Sebelumnya, fitur ini terlebih dahulu diuji coba pada Mei lalu.

Pinned comment memungkinkan pengguna untuk memilih beberapa komentar yang akan di-pin dan ditempatkan di bagian teratas kolom komentar unggahannya.

Pengguna bebas memilih komentar yang paling positif, terlucu, atau yang dinilai paling penting. VP of Product Instagram, Vishal Shah melalui unggahan akun Twitternya mengatakan: "Dengan menyoroti komentar-komentar positif, Anda bisa mengatur nada percakapan dengan lebih baik."

Fitur ini merupakan bagian dari rangkaian upaya Instagram untuk melawan perundungan online dan melindungi penggunanya dari konten negatif.

Dilansir dari laporan Instagram, pengembang mengklaim bahwa mereka telah melakukan tindakan terhadap 1,5 juta konten berbau perundungan dan pelecehan masing-masing pada kuartal keempat 2019 dan kuartal pertama 2020.

Meski demikian, Instagram mengakui belum bisa menyediakan data prevalensi untuk perundungan dan pelecehan online dikarenakan pengidentifikasiannya sangat tergantung pada bahasa dan konteks serta hubungan pribadi. Kerumitan itu membuat sulit menentukan tolak ukur dalam identifikasi.

Sebelumnya, Instagram meluncurkan fitur untuk membantu pengguna menghapus komentar negatif secara massal, serta memblokir sejumlah akun yang mengunggah komentar serupa.

Instagram pun menyadari bahwa tag dan mention dapat dipakai untuk melakukan perundungan ke pengguna lain. Oleh karena itu, mereka merilis pengaturan yang memungkinkan penggunanya untuk memilih siapa saja yang bisa melakukan tag atau mention ke mereka: hanya orang-orang yang di-follow atau bahkan tidak seorang pun yang bisa melakukan tag atau mention baik di kolom komentar, keterangan, dan story.

Nah, jika mau menggunakan fitur pinned comment di akun Instagram Anda, caranya mudah:

1. Di bagian komentar postingan IG, pilih komentar yang paling Anda sukai lalu geser ke kiri/tekan.
2. Anda akan melihat beberapa ikon seperti pin, reply, report, dan trash. Pilih ikon pin.
3. Anda bisa memilih hingga 3 komentar untuk di-pin. Komentar yang sudah dipilih akan muncul di bagian komentar paling atas. Pengguna Instagram yang komentarnya Anda pin, nantinya akan mendapat notifikasi bahwa Anda melakukan langkah tersebut.

Selain berguna untuk mengkurasi komentar, fitur ini juga bermanfaat bagi pemegang akun merek (brand). Pinned comment akan berguna untuk menyoroti komentar yang paling positif demi menaikkan citra merek.


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Addi M Idhom
DarkLight