Cara Aktifkan Dark Mode pada Google Maps

Oleh: Hana Afifah Nuraini - 5 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Fitur dark mode kini bisa diterapkan pada apliaksi Google Maps.
tirto.id - Dark mode telah menjadi trend dalam tampilan UI berbagai aplikasi dan website. Setelah menguji coba dark mode untuk aplikasi Maps, Google akhirnya meluncurkan fitur tersebut. Namun, penggunaan dark mode atau mode gelap ini masih terbatas.

Ffitur dark mode dalam Google Maps hanya nampak ketika mode navigasi berkendara diaktifkan. Tampilan peta dan UI tetap sama, yaitu berwarna dominan putih dan cerah ketika mode navigasi tidak aktif.

Untuk mengaktifkan dark mode, ada beberapa langkah seperti yang diwartakan dari Android Authority:

    • Buka aplikasi Google Map.
    • Selanjutnya ketuk pada ikon profil pengguna.
    • Ketuk menu Pengaturan, dan gulirkan menu pada Pengaturan Navigasi.
    • Gulir ke bawah untuk menemukan menu Tampilan peta.
    • Pada Skema warna, ubah mode otomatis dengan mengetuk Malam. Dark mode telah aktif.

Untuk beberapa pengguna, dark mode versi penuh sudah bisa diterapkan. XDA Developers melaporkan bahwa pilihan ”Tampilan” telah muncul dalam pengaturan Maps versi 10.51.1. Pilihan ini memungkinkan penggunanya untuk memilih antara Light theme, Dark theme, dan Default to device theme.

Tema dan pengaturan Google Maps akan mengikuti pilihan penggunanya. Dalam versi ini, tampilan gelap akan nampak pada peta. Sayangnya, versi ini hanya bisa diakses via update dari sisi server.

Selain Maps, aplikasi Google lain telah menerapkan dark mode. Tercatat ada 32 aplikasi ciptaan Google yang telah menawarkan pilihan mode gelap ini, seperti Google Asistant, Calculator, Calendar hingga Youtube.

Aplikasi pendukung produktivitas seperti Google Translate, Google Docs, Google Sheets dan Google Slides juga telah menghadirkan fitur ini. Hampir semuanya menawarkan mode gelap secara penuh.

Dark mode memang akhir-akhir ini menjadi primadona tampilan gawai yang baru. Tampilan gelap membuatnya lebih nyaman dipandang mata dan terkesan lebih stylish daripada tampilan cerah yang biasa.

Dark mode juga diklaim lebih hemat baterai. Menurut How-To Geek dan elite daily, efisiensi penggunaan baterai ini hanya bisa didapatkan dengan elektronik berlayar OLED, seperti pada TV dan laptop.

Pada layar OLED, piksel yang berwarna hitam tidak membu tuhkan energi seperti pada layar LCD. Piksel hitam pada layar LCD sama-sama membutuhkan energi seperti piksel putih.

Untuk pasaran laptop, perusahaan yang menanamkan layar OLED adalah HP dan Lenovo. HP meluncurkan Spectre x360 15 dengan display Samsung AMOLED 15 inch, sedangkan Lenovo menawarkan Yoga C370 dengan panel OLED.


Baca juga artikel terkait DARK MODE atau tulisan menarik lainnya Hana Afifah Nuraini
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Hana Afifah Nuraini
Penulis: Hana Afifah Nuraini
Editor: Yantina Debora
DarkLight