Cara Aktifkan Dark Mode di Play Store, Ubah Tema Android Jadi Gelap

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 19 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Keutamaan dark mode atau tema gelap di Android ialah menghemat konsumsi baterai dan bikin mata nyaman saat menatap layar.
tirto.id - Tema gelap atau dark mode untuk toko aplikasi digital Google Play Store kini telah dirilis bagi semua perangkat Android. Pengguna bisa mengaktifkannya melalui menu pengaturan sebagaimana diumumkan Google Play Store melalui media sosial Twitter belum lama ini.

Dengan mengaplikasikan fitur dark mode pengguna akan makin nyaman saat mengakses Google Play Store lantaran tema gelap lebih ramah mata. Selain itu dark mode juga dapat menghemat konsumsi baterai Android khususnya untuk perangkat berpanel AMOLED.

Untuk mengaktifkan fitur mode gelap pengguna dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Di aplikasi Google Play Store, ketuk menu titik tiga baris pada bagian kiri atas layar
  2. Ketuk setelan lalu pilih tema
  3. Pilih opsi dark mode lalu layar akan berubah menjadi gelap

Seperti aplikasi lainnya, tema gelap di Google Play Store menggunakan warna abu-abu gelap bukan hitam pekat atau populer disebut dark AMOLED.

Beberapa aplikasi Google lain juga memiliki fitur itu sebagaimana dikutip dari laman 9to5Google di antaranya ialah YouTube, Gmail, Photos, Contacts, Keep, termasuk Drive.

Berbeda dengan tampilan tema gelap di berbagai aplikasi lainnya, mode gelap di YouTube meluas ke hampir setiap tampilan aplikasi dan sius web desktop mulai dari komentar hingga menu. Pada desktop pengguna dapat mengaktifkan fitur dengan mengklik Ikon Profil > Tema Gelap > Ubah Toggle ke posisi On.

Sementara itu, mode gelap pada tampilan Gmail ditawarkan ke pengguna sejak 14 September 2019 lalu untuk mereka pemilik perangkat Andoid dan iOS. Pada perangkat Android, terdapat opsi manual untuk menggantinya jika pengguna lebih suka tetap menggunakan mode terang.

Untuk aplikasi penyimpanan berbasis cloud yaitu Drive pengguna dapat mengaktifkan fitur dark mode dengan mengakses menu lalu pilih Pengaturan. Ketuk Pilih Tema kemudian pilih mode default, mode gelap, atau tema yang disesuaikan dengan status baterai perangkat.

Dark mode akan benar-benar menghemat konsumsi baterai ponsel bila layar perangkat berjenis AMOLED karena piksel hanya menyala untuk warna non-hitam. Sebaliknya, piksel untuk warna hitam akan mati sepenuhnya.

Sedangkan bagi perangkat dengan panel jenis non-AMOLED hanya kenyamanan mata saja yang akan dinikmati. Akan tetapi, benefit ini sudah sangat bermanfaat terutama ketika mengakses perangkat dalam kondisi ruangan remang-remang atau gelap, yang bikin mata tak 'kaget' saat mendadak terpapar cahaya.


Baca juga artikel terkait DARK MODE atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight