Cara Akses Materi PPPK 2021 Persiapan Seleksi 1 Juta Guru Honorer

Oleh: Yantina Debora - 3 Maret 2021
Dibaca Normal 2 menit
Cara akses materi, modul hingga soal-soal untuk persiapan seleksi 1 juta guru honorer PPPK 2021 di gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id.
tirto.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyediakan materi dan latihan soal bagi calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang akan mengikuti seleksi tahun 2021.

Materi PPPK 2021 ini bisa diakses secara online di laman Program Guru Belajar dan Berbagi - Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Kemendibud di https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id/.

Program Guru Belajar dan Berbagi - Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK merupakan program Kemendikbud yang diperuntukkan bagi guru honorer maupun lulusan PPG yang akan mengikuti tes PPPK.

Program Guru Belajar dan Berbagi ini memberikan fasilitas kepada calon pendaftar guru ASN PPPK berupa materi, perangkat, latihan soal-soal, Community Learning serta tryout sebagai tambahan bekal untuk mengikuti seleksi 1 juta guru honorer tahun ini.

Jumlah modul belajar yang disiapkan mencapai 38 jenis dari 26 mata pelajaran untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Tujuan program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru PPPK yakni:

1. Peserta mampu menggunakan bahan belajar mandiri dan latihan soal untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi Guru ASN PPPK.

2. Peserta mampu menggunakan sistem bahan belajar mandiri yang mudah, ringan, ringkas.

3. Peserta mampu menggunakan komunitas pembelajaran (Learning Community) dalam membangun pengetahuan dan keterampilannya.

Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK ini bisa diikuti oleh semua guru non PNS yang terdaftar di Dapodik dan telah memiliki Akun SIMPKB.

Jadwal Pelaksanaan Program Guru Belajar Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Berbagi:

1. Pemilihan Mata Pelajaran: 3 Maret - 12 April 2021;

2. Fasilitasi Pembelajaran: 2 Maret - 12 April 2021. Pada tahapan ini, peserta secara mandiri dan berkolaborasi dapat mempelajari substansi pedagogi dan bidang studinya masing-masing.

Peserta juga dapat memanfaatkan fasilitas komunitas pembelajaran dalam mengembangkan pemahaman dan pengetahuannya. Serta mencoba beberapa soal formatif untuk mengetahui tingkat pemahaman pada substansi yang telah dipelajari.

3. Tryout: 15 Maret - 7 Mei 2021. Pada tahapan ini, peserta dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti latihan (tryout) soal-soal pedagogi dan bidang studinya masing-masing setelah proses belajar mandiri dilakukan.

Tahun ini pemerintah membuka lowongan 1,3 juta formasi untuk seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja dan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2021.

Dari jumlah tersebut, kuota untuk PPPK mencapai 1 juta dan sebanyak 189 ribu lowongan dibuka untuk CPNS pemerintah daerah serta 83.000 formasi untuk pemerintah pusat.

Rinciannya yakni 1 juta formasi PPPK itu dibuka untuk guru yang sudah terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud.

Formasi guru tersebut dilakukan melalui skema yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yakni PPPK di seluruh daerah.

Selanjutnya untuk formasi CPNS pemerintah daerah terdiri atas 70.000 PPPK jabatan fungsional nonguru dan 119.000 CPNS pegawai teknis.

Sedangkan formasi 2021 untuk pemerintah pusat terdiri dari 50 persen untuk PPPK dan 50 persen lainnya CPNS sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi.

Pengumuman jadwal pendaftaran PPPk dan CPNS 2021 bakal disampaikan bulan ini, Maret 2021. Sebagai dukungan seleksi PPPK Kememterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyediakan materi pembelajaran yang dapat diakses secara daring.

Terkait dengan PPPK 2021, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa seleksi ini terbuka untuk semua guru honorer yang ada di Indonesia.

Nadiem optimistis para guru honorer maupun lulusan PPG akan bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi PPPK 2021.

“Oleh karena itu kami mengundang para guru honorer dan lulusan PPG untuk membuktikan kelayakannya menjadi guru ASN PPPK melalui seleksi yang adil, bersih serta demokratis,” ajarnya saat peluncuran program "Guru Belajar dan Berbagi - Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja" di Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Berikut Cara Mengakses Materi PPPK 2021:

1. Buka laman https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id/;
2. Pilih Ayo Guru Belajar;
3. Pilih Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK;
4. Klik Selengkapnya;
5. Klik Mulai Belajar/Masuk;
6. Silahkan masukkan email dan kata sandi untuk melanjutkan ke aplikasi;
7. Klik Masuk.

Jika belum memiliki akun SIMPKB, berikut cara buat akun di gtk.blajar.kemendikbud.goid:

1. Buka laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/;;
2. Pilih Registrasi Akun GTK;
3. Masukan Nomor Peserta UKG;
4. Isi tanggal lahir Anda;
5. Klik Registrasi.

Jika registrasi tidak berhasil atau terkendala, Silahkan menghubungi Admin Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat atau Admin P4TK atau Ketua MGMP/KKG/GUGUSTK di wilayah kerja masing-masing.




Baca juga artikel terkait PPPK 2021 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight