BWF World Championship 2019: Minions Buru Gelar Juara Dunia Pertama

Oleh: Oryza Aditama - 8 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo belum pernah mendapatkan medali emas di Kejuaraan Dunia Badminton.
tirto.id - Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo atau dikenal dengan julukan Duet Minions bakal memburu gelar juara dunia pertama mereka di Kejuaraan Dunia Badminton 2019. Sejak dipasangkan pada tahun 2015, Marcus/Kevin memang telah mencetak segudang prestasi. Namun medali emas Kejuaraan Dunia belum juga mereka kantongi.

Indonesiatak pernah kekurangan talenta untuk sektor bulu tangkis ganda putra. Sejak menyumbangkan emas perdana sektor ganda putra di ajang Olimpiade Atlanta 1996, skuad Merah Putih terus saja mencetak pasangan tangguh. Kini sorotan ada pada Marcus/Kevin.

Fenomena Minions berawal saat mereka berhasil mengumpulkan 7 gelar Super Series pada musim 2017. Setahun berselang rekor itu sukses mereka pertajam dengan torehan 8 gelar World Tour 2018 dan 1 medali emas Asian Games 2018. Hingga kini belum ada ganda putra lain yang sanggup menyamai rekor tersebut.

Bahkan Susi Susanti selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI pun dengan jelas mengungkapkan jika pihaknya sangat mengandalkan Marcus/Kevin untuk meraih prestasi di turnamen besar dunia.

"Saya setuju sekali kalau mereka harus fokus ke major events dulu tahun ini. Marcus/Kevin jangan dituntut terlalu berlebihan, mereka kan andalan kita di tahun depan (Olimpiade),” ujar Susi.



Sejak pertama kali dipasangkan, Marcus/Kevin telah 2 kali mengikuti ajang Kejuaraan Dunia (BWF World Championships). Namun dalam dua kesempatan tersebut pasangan ini gagal menyabet gelar, lantaran selalu tersingkir di babak 8 besar.

Di Kejuaraan Dunia edisi 2017, Marcus/Kevin takluk rubber game dari pasangan Cina, Chai Biao/Hong Wei. Mereka sebenarnya mampu merebut gim pertama dengan skor cukup meyakinkan 21-11. Namun Marcus/Kevin harus gigit jari lantaran takluk dengan skor tipis 19-21 dan 20-22 dalam dua gim selanjutnya.

Sedangkan tahun 2018 Minions terpaksa kembali terhenti di perempat final, kali ini oleh pasangan Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Bertarung selama 48 menit, Marcus/Kevin menyerah dua set langsung lewat skor 19-21 dan 18-21.



Untuk Kejuaraan Dunia 2019 yang akan digelar mulai 19-25 Agustus mendatang di Basel, Swiss, Marcus/Kevin ditempatkan sebagai unggulan pertama. Dari hasil drawing sektor ganda putra, mereka menempati kelompok pool atas bersama pasangan tangguh Indonesia lainnya, yaitu Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (unggulan ke-4), dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (unggulan ke-7).

Marcus/Kevin juga baru saja terjun dalam tiga turnamen besar beruntun, yakni Indonesia Open 2019 (Super 1000), Japan Open 2019 (Super 750), dan Thailand Open 2019 (Super 500). Dalam kiprahnya tersebut, mereka sukses menyabet gelar juara di Indonesia dan Jepang.

"Puas sih, dalam tiga turnamen kami dapat dua gelar, itu lebih dari cukup buat kami. Lebih baik kami fokus ke kejuaraan dunia," tutur Kevin Sanjaya usai tersingkir di 8 besar Thailand Open 2019 pekan lalu.

Baca juga artikel terkait BWF WORLD CHAMPIONSHIPS 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight