Badminton

BWF: Jadwal Kualifikasi Olimpiade Tokyo Dilanjutkan Awal 2021

Oleh: Oryza Aditama - 28 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
BWF mengumumkan regulasi baru Kualifikasi Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 yang sempat terhenti akibat pandemi virus Corona (COVID-19).
tirto.id - Federasi Badminton Dunia (BWF) mengumumkan regulasi baru yang mengatur tentang keberlanjutan Kualifikasi Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 yang sempat terhenti akibat pandemi virus Corona (COVID-19).

Lewat keterangan resmi yang dimuat laman BWF pada Rabu (27/5/2020), dijelaskan bahwa perebutan poin Kualifikasi Olimpiade dan Paralimpiade akan dimulai lagi tahun depan. Periode kualifikasi yang diberlakukan mulai pekan ke-1 sampai pekan ke-17 pada musim turnamen tahun 2021.

“Ini merupakan proses menyeluruh dengan konsultasi yang berharga dan erat dari Komisi Atlet demi mempertimbangkan opsi terbaik menyangkut penyesuaian dalam sistem kualifikasi Olimpiade dan Paralimpiade,” jelas Sekretaris Jenderal BWF, Thomas Lund.

“Kami merasa ini adalah solusi yang adil bagi semua atlet, dan akan menjadi prioritas utama kami dalam menggelar kembali kejuaraan badminton dan para badminton usai pandemi COVID-19,” imbuh Lund.


Regulasi Kualifikasi Olimpiade

Thomas Lund juga mengungkapkan alasan mengenai kualifiasi Olimpiade yang baru dimulai tahun 2021, meski BWF pekan lalu telah merilis jadwal baru rangkaian turnamen yang akan digelar hingga akhir 2020.

Langkah tersebut dilakukan demi meminimalisir dampak pandemi yang kemungkinan masih menjadi tantangan besar, terutama perihal pembatasan perjalanan internasional.

“Meski kami bertujuan menggelar kembali turnamen menjelang akhir tahun 2020, namun kami memilih melanjutkan kualifikasi Olimpiade dan Paralimpiade pada 2021, demi memastikan bahwa larangan perjalanan internasional akibat COVID-19 sudah mulai berkurang,” ungkap Lund.

Berikut 8 poin regulasi yang dirilis BWF mengenai Kualifikasi Olimpiade Tokyo:

  • Seluruh poin yang didapat dari turnamen kualifikasi yang telah digelar akan tetap dipertahankan dalam peringkat Race to Tokyo.
  • Periode kualifikasi Olimpiade akan dimulai pada pekan-1 sampai pekan-17 pada musim turnamen tahun 2021, termasuk sejumlah turnamen terpilih yang telah mengalami penundaan, pembatalan, atau penangguhan akibat COVID-19.
  • Turnamen yang memenuhi persyaratan dalam periode kualifikasi baru, harus diselesaikan maksimal pada pekan-17 tahun 2021.
  • Poin kualifikasi Olimpiade hanya untuk turnamen edisi tahun 2021. Jadwal turnamen yang telah diatur ulang oleh BWF hingga akhir tahun 2020 tidak masuk hitungan kualifikasi Olimpiade.
  • Turnamen yang memenuhi syarat masuk periode kualifikasi baru diharapkan dihelat pada pekan yang sama untuk jadwal 2020 dan 2021.
  • Jika hal tersebut tidak memungkinkan, BWF mengijinkan pengaturan jadwal ulang dalam periode pekan 1-17 pada musim turnamen tahun 2021.
  • Para pemain dari Cina dan Hong Kong berhak memperoleh poin dari Kejuaraan Beregu Asia 2021, karena pada edisi 2020 mereka tak dapat berpartisipasi lantaran pembatasan perjalanan internasional.
  • Kebijakan bagi pemain Cina dan Hong Kong hanya diberlakukan untuk Kejuaraan Beregu Asia 2021, karena hanya turnamen beregu tersebut yang secara teknis terimbas COVID-19 dalam periode kualifikasi Olimpiade.

Baca juga artikel terkait OLIMPIADE atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight