BWF Bakal Atur Ulang Jadwal Kejuaraan Dunia Badminton 2021

Oleh: Oryza Aditama - 31 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
BWF bakal mengatur ulang jadwal Kejuaraan Dunia Badminton 2021 (BWF World Championships 2021).
tirto.id - Federasi Badminton Dunia (BWF) bakal mengatur ulang jadwal Kejuaraan Dunia Badminton 2021 (BWF World Championships 2021). Sebelumnya, jadwal baru Olimpiade 2020 telah dirilis oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Lewat pengumuman resmi yang dimuat laman olympic.org hari Senin (30/3/2020), IOC telah memutuskan bahwa Olimpiade Tokyo 2020 yang sebelumnya ditunda akibat pandemi Corona COVID-19 akan digelar pada 23 Juli-8 Agustus 2021 mendatang.

“Jadwal baru ini memberikan otoritas kesehatan dan semua organisasi yang terlibat dalam Olimpiade rentang waktu maksimal demi menangani situasi yang terus berubah, serta gangguan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19,” terang IOC.

“Jadwal baru tepat setahun dari yang direncanakan pada 2020, mempunyai manfaat tambahan untuk meminimalisir gangguan terhadap kalender olahraga internasional,” imbuh mereka.

Namun, pemilihan jadwal baru Olimpiade 2020 yang sampai menyentuh bulan Agustus 2021 berpotensi berbenturan dengan agenda Kejuaraan Dunia BWF yang umumnya digelar dalam periode tersebut.

Menanggapi hal ini, BWF mengaku akan membahas penjadwalan ulang ajang Kejuaraan Dunia bersama pihak Spanyol selaku tuan rumah edisi tahun 2021.

“BWF menyadari perlunya menjadwal ulang Kejuaraan Dunia 2021 yang umumnya digelar pada bulan Agustus, dengan alternatif yang akan disesuaikan lewat pembahasan bersama tuan rumah Spanyol,” tulis BWF, Senin (30/3/2020).

Kejuaraan Dunia Badminton pertama kali digelar tahun 1977 di Malmo, Swedia. Awalnya, turnamen ini digelar tiap tiga tahun sekali. Namun, mulai edisi 1983 ajang Kejuaraan Dunia dihelat tiap dua tahun.


Periode penyelenggaraan kembali berubah sejak edisi 2005 yang berlangsung di Anaheim, Amerika Serikat. Mulai saat itu Kejuaraan Dunia BWF berlangsung tiap satu tahun sekali, namun kompetisi ditiadakan saat bersamaan dengan periode tahun Olimpiade.

Sepanjang 25 edisi Kejuaraan Dunia BWF yang telah digelar, kontingen Indonesia mampu mengumpulkan 23 gelar juara. Jumlah tersebut terdiri dari: 6 gelar tunggal putra, 2 gelar tunggal putri, 10 gelar ganda putra, serta 5 gelar ganda campuran.

Dalam Kejuaraan Dunia 2019 di Basel, Swiss, Indonesia menyabet satu gelar juara lewat ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Duet senior tersebut sukses membawa pulang medali emas usai menaklukkan wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, di partai final.

Baca juga artikel terkait TURNAMEN BWF atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - )

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight