Bursa Transfer: Real Madrid Pinjamkan Takefusa Kubo ke Mallorca

Oleh: Beni Jo - 23 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Takefusa Kubo resmi menjadi pemain baru Real Mallorca, dengan status pinjaman dari Real Madrid.
tirto.id - Real Madrid secara resmi meminjamkan pemain Jepang, Takefusa Kubo ke Real Mallorca pada Kamis (22/8/2019) waktu setempat. Kubo akan bermukim di Stadion Son Moix, kandang Mallorca selama semusim penuh pada 2019/2020.

"Real Madrid dan Mallorca telah mencapai kesepakatan atas peminjaman Takefusa Kubo untuk kampanye musim ini yang berlaku hingga 30 Juni 2020," bunyi pernyataan resmi klub, dilansir Kamis (22/8/2019).

Takefusa Kubo sendiri baru saja didatangkan Real Madrid pada 14 Juni 2019 lalu. Ia menandatangani kontrak selama lima musim bersama Los Blancos. Sebenarnya, Kubo akan disiapkan untuk bermain di tim Castilla atau Real Madrid B yang berlaga di kompetisi Segunda Division B.

Dikutip Marca, keputusan peminjaman ini berdasarkan komunikasi antara pihak Madrid dengan sang pemain.

Selain ke Mallorca, sebenarnya ada opsi peminjaman ke klub lain, yaitu menuju Real Valladolid. Namun, Kubo lebih memilih untuk bergabung dengan Real Mallorca. Dia akan berlatih pertama kalinya di bawah asuhan Vicente Moreno pada Kamis sore atau Jumat WIB.

Sebelum didatangkan oleh Madrid, Kubo adalah eks pemain akademi La Masia milik Barcelona pada 2011 silam. Di tim U-11 Barca, ia melesakkan total 74 gol dalam 30 laga. Sedangkan pada musim 2014/2015, ia bermain untuk tim U-14 Blaugrana.



Usai menjalani beberapa musim bersama Barcelona, pemain yang saat ini masih berusia 18 tahun itu kembali ke Jepang pada 2016 dan bergabung di tim U-18 FC Tokyo. Pada bulan September di tahun yang sama, Kubo dipromosikan ke tim senior pada usia 15 tahun.

Saat memperkuat FC Tokyo, Kubo tercatat sebagai pemain termuda yang mencetak gol di Liga Jepang (J-League) pada 15 April 2017 saat masih berumur 15 tahun 10 bulan. Secara total, Kubo mencatatkan 30 pertandingan di semua kompetisi bersama FC Tokyo dan melesakkan enam gol.

Memasuki pertengahan 2018 atau paruh kedua kompetisi J-League 2018, pemain dengan postur 173 sentimeter itu menjalani masa peminjaman bersama Yokohama F. Marinos. Satu gol dalam enam laga ia torehkan untuk klub yang saat ini diasuh oleh Ange Postecoglou itu.

Saat tampil di level internasional, bersama timnas Jepang, Kubo sudah menjadi penggawa sejak U-15 hingga U-20. Pada usianya yang baru 15 tahun, ia sudah terpilih untuk skuad Samurai Biru yang berlaga di Piala Dunia FIFA U-20 pada 2017 lalu.

Selain itu, Kubo juga sempat masuk dalam daftar pemain Jepang yang disiapkan untuk gelaran Copa America 2019. Ia mencatatkan debut seniornya bagi timnas ketika pertandingan persahabatan melawan El Salvador pada 9 Juni 2019.

Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER PEMAIN atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight