Liga Jerman

Bursa Transfer: Mats Hummels Kembali ke Borussia Dortmund

Oleh: Wan Faizal - 19 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Setelah tiga musim berseragam Bayern Munchen, Mats Hummels memutuskan untuk kembali ke Borussia Dortmund.
tirto.id - Sebuah transfer mengejutkan dilakukan Borussia Dortmund, Rabu (19/6/2019), dengan membawa pulang Mats Hummels dari Bayern Munchen meski ia baru tiga musim membela Die Roten.

“Borussia Dortmund telah mendapatkan kesepakatan awal dengan Bayern Munchen atas transfer bek Mats Hummels. Sang pemain pernah membela BVB antara 2008 sampai 2016, mencetak 25 gol dalam 306 penampilan,” demikian pernyataan resmi Dortmund.

“Proses transfer masih akan menunggu tes medis yang belum dilakukan. Baik kubu Dortmund dan Bayern sepakat untuk menutup besaran nilai transfer,” tulis Dortmund di situs web klub.

Harus diakui transfer ini memang agak mengejutkan. Pasalnya, Hummels menikmati masa tiga tahun berkesan bersama Bayern. Bahkan, di Allianz Arena, pemain berusia 30 tahun itu bisa mendapatkan hattrick gelar juara Bundesliga. Dengan kata lain, selama berada di sana, ia selalu mengakhiri musim sebagai kampiun.

Torehan prestasi Hummels di Bayern tak itu saja. Ia juga mempersembahkan trofi DFB Pokal 2019 serta tiga Piala Super Jerman dalam tiga tahun terakhir.


Namun, bergelimang prestasi tak melulu membuat pemain bahagia. Agaknya hal itu juga yang sedang terjadi pada Hummels. Meski menjadi andalan di dua musim pertama, pada musim ini posisi Hummels agak tergeser oleh pemain lain.

Faktanya, musim 2018-2019 menjadi momen Hummels tampil paling sedikit untuk Bayern. Di musim pertamanya yakni 2016-2017, ia bermain di 27 pertandingan Bundesliga, serta 9 kali berlaga di Liga Champions. Jumlah itu agak menyusut di musim berikutnya dengan catatan 26 kali tampil di Liga Jerman dan masih 9 kali di Liga Champions.

Sementara musim kemarin tidak demikian. Hummels hanya bermain sebanyak 21 kali di Bundesliga dan 6 kali saja di Liga Champions. Jumlah menit bermainnya pun terdampak. Di Liga Jerman musim 2018-2019, Hummels hanya bermain 1.776 menit saja. Jauh di bawah musim 2017-2018 dengan 2.213 menit dan musim 2016-2017 sebanyak 2.181 menit.

Kembalinya Hummels ke Dortmund memberikan satu fakta menarik, yakni kariernya hanya dihabiskan di dua klub saja sejauh ini. Meniti karir bersama Bayern dan masuk tim utama pada 2007, Hummels sempat dipinjamkan ke Dortmund pada musim 2008-2009. Semusim berikutnya ia permanen di Signal Iduna Park sebelum balik ke Bayern pada 2016. Kini, ia secara resmi kembali lagi ke pelukan Dortmund.

Bagi Dortmund sendiri kehadiran Hummels menunjukkan bahwa mereka punya ambisi besar musim depan. Sebelum kehadiran Hummels, Dortmund sudah mendatangkan tiga pemain penting seperti Julian Brandt (Bayer Leverkusen), Thorgan Hazard (Borussia Monchengladbach), dan Nico Schulz (Hoffenheim).

Selain itu, Dortmund juga baru saja memperpanjang kontrak pelatih Lucien Favre. Tambahan kontrak setahun membuat pria asal Swiss itu akan tetap menjadi pelatih Dortmund sampai 2021 mendatang.


Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Wan Faizal