Bursa Transfer Liga 1: Daftar Pemain Baru Persija, Persib, Arema

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof - 7 Apr 2022 15:02 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut daftar pemain baru dan yang dilepas oleh sejumlah tim besar, seperti Persija, Persib, Arema, dan PSIS dalam update bursa transfer Liga 1 terbaru.
tirto.id - Bursa transfer Liga 1 diramaikan oleh langkah sejumlah klub untuk menambah amunisi. Tim-tim besar seperti Persija, Persib, dan Arema juga turut ambil bagian dalam periode transfer sebelum musim anyar bergulir. Lantas, siapa saja pemain yang direkrut dan dilepas oleh ketiga klub tersebut?

Pemain Baru Arema


Arema gagal tampil konsisten di musim kemarin. Setelah sempat menduduki peringkat teratas di sepertiga akhir musim, Singo Edan kehilangan fokus dan menelan hasil minor beruntun. Hingga musim berakhir, Arema hanya mampu finis di peringkat 4 klasemen Liga 1 2021/2022.

Hasil kurang memuaskan itu yang mendorong Arema untuk mendatangkan sejumlah senjata baru. Hingga saat ini, klub asal Malang, Jawa Timur, tersebut sudah mendatangkan total 4 pemain. Mereka ialah Evan Dimas, Adam Alis, Gian Zola, dan Andik Rendika Rama.


Evan Dimas, Adam Alis, dan Gian Zola diharapkan mampu memberikan pembeda dalam permainan lini tengah Arema musim depan. Ketiga gelandang tersebut memiliki peran krusial di tim sebelumnya, terutama pemain muda Gian Zola yang sebelumnya tampil bersama Persela Lamongan.

Media Officer Arema FC, Sudarmaji, mengatakan bahwa aktivitas transfer timnya masih belum selesai. Ia menerangkan bahwa manajemen masih berencana menambah sejumlah penggawa baru.

“Arema masih akan menambah pemain untuk melengkapi beberapa posisi,” ujar Sudarmaji.

Pemain Baru PSIS


Namun sayangnya, Arema dipastikan bakal kehilangan sang mesin gol, Carlos Fortes. Penyerang asal Portugal itu resmi hengkang ke PSIS Semarang.

Dengan kepergian Fortes, kini Arema hanya memiliki 2 penyerang tengah murni. Mereka adalah Dedik Setiawan dan Bramantyo Ramadhan.

Selain Fortes, PSIS juga merekrut gelandang serang energik asal Persebaya, Taisei Marukawa. Ini menjadi salah satu transfer terbesar jelang musim anyar Liga 1. Sebab, keduanya kunci dari klub sebelumnya.

Fortes mencetak total 20 gol bersama Arema FC musim 2021/2022. Torehan tersebut menjadikannya sebagai penyerang tersubur kedua di Liga 1 setelah Ilija Spasojevic.

Sama halnya seperti Fortes di kubu Arema, peran Taisei juga cukup besar bersama Persebaya pada musim lalu. Gelandang serang asal Jepang itu telah menorehkan 17 gol dan 10 assist, terbanyak dibanding pemain lain di tim.

Pemain Baru Persib


Tidak hanya Taisei yang hengkang dari Persebaya di periode transfer jelang musim baru 2022/2023 ini. Dua pemain muda Bajol Ijo, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto juga hengkang. Kedua pemain tim nasional Indonesia tersebut memilih hijrah ke Persib Bandung.

Kepindahan Kambuaya dan Rachmat sudah diumumkan melalui laman resmi Instagram Persib Bandung. "It's official now! Wilujeng Sumping Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya," demikian tertulis di takarir akun tersebut.

Pemain Baru Persija


Di samping Arema, Persib, dan PSIS, sejumlah klub lain juga aktif di bursa transfer jelang musim baru, termasuk klub ibu kota Persija Jakarta. Pada Rabu (6/4) kemarin, Macan Kemayoran resmi meneken kontrak berdurasi satu musim untuk bek tengah Hansamu Yama.

Pemain 27 tahun itu mengaku senang bisa bergabung bersama Persija setelah menghabiskan 1 musim bersama Bhayangkara FC. Menurutnya, Persija adalah salah satu tim terbesar di Indonesia.

"Target bersama Persija adalah tampil semaksimal mungkin dan memenangkan pertandingan demi pertandingan bersama hingga menjadi juara," tegasnya, dilansir Antaranews.

Hansamu bukan satu-satunya pemain yang direkrut oleh tim ibu kota. Sebelumnya, pada awal April lalu, manajemen klub sudah mendatangkan 2 pemain anyar, yakni Firza Andika dan Hanif Sjahbandi.


Update Bursa Transfer Liga 1 2022


Berikut daftar pemain baru yang didatangkan oleh Arema, Persib, dan Persija di periode bursa transfer setelah berakhirnya Liga 1 musim 2021/2022.

Arema:

  • Evan Dimas (dari Bhayangkara FC)
  • Adam Alis (dari Bhayangkara FC)
  • Gian Zola (dari Persela Lamongan)
  • Andik Rendika Rama (dari Madura United)

Persib:

  • Rachmat Irianto (dari Persebaya)
  • Ricky Kambuaya (dari Persebaya)

Persija:

  • Firza Andika (dari Persikabo)
  • Hanif Sjahbandi (dari Arema)
  • Hansamu Yama (dari Bhayangkara)

PSIS:

  • Carlos Fortes (dari Arema)
  • Taisei Marukawa (dari Persebaya)


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2022 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Ibnu Azis

DarkLight