Bursa Transfer Liga 1 2020: Persebaya Gaet Rivky Mokodompit

Oleh: Iswara N Raditya - 20 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Akun Instagram resmi tim Bajul Ijo memperkenalkan kehadiran Rivky Mokodompit, kiper baru untuk Liga 1 2020.
tirto.id - Setelah mendapatkan Makan Konate, Persebaya Surabaya masih aktif bergerak di bursa transfer pemain jelang kompetisi Liga 1 2020. Yang terbaru, akun Instagram resmi tim Bajul Ijo memperkenalkan kehadiran Rivky Mokodompit, kiper berpengalaman yang di Liga 1 2019 lalu membela PSM Makassar.

Ucapan selamat datang kepada Rivky Mokodompit tersemat dalam status Instagram @officialpersebaya yang diposting pada Senin (20/1/2020) malam. Unggahan tersebut juga menyertakan empat foto penjaga gawang yang sudah malang-melintang di berbagai klub nasional serta sempat membela Timnas Indonesia U20 dan U23 ini.

Jika benar Rivky Mokodompit resmi menjadi milik Persebaya, maka ia bakal diposisikan sebagai kiper utama pengganti Miswar Saputra. Uniknya, Miswar Saputra belum lama ini telah bergabung dengan PSM Makassar yang sebelumnya diperkuat oleh Rivky Mokodompit.

Rivky Mokodompit adalah pesepakbola kelahiran Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, tanggal 5 Desember 1988. Kiper yang kini berusia 31 tahun ini merupakan jebolan dari akademi Persibom Bolaang Mongondow kemudian dipromosikan ke tim utama sejak 2006.

Dua tahun kemudian, Rivky Mokodompit merantau jauh ke Persita Tangerang dan memperkuat tim Pendekar Cisadane selama semusim. Tahun 2009, ia sempat satu musim membela Persitara Jakarta Utara sebelum kembali ke Persita Tangerang semusim berikutnya.

Pamor kiper bertinggi badan 185 cm ini mulai merangkak naik saat memperkuat Sriwijaya FC pada 2011 hingga 2013. Ia turut mengantarkan Sriwijaya FC meraih juara Indonesia Super League (ISL) 2011/2012 dan turnamen pra-musim Inter Island Cup (IIC) pada 2012.


Rivky Mokodompit hengkang ke Putra Samarinda pada 2013, kemudian bergeser ke klub Kalimantan Timur lainnya, Mitra Kukar, sejak musim 2014 hingga 2016. Musim 2016/2017, ia memperkuat Semen Padang, lalu pindah ke PSM Makassar pada musim berikutnya, hingga kini bergabung dengan Persebaya.

Mengenai status Rivky Mokodompit di Persebaya, pelatih Aji Santoso mengungkapkan bahwa sang kiper sudah ikut berlatih bersama skuad Bajul Ijo dalam pemusatan latihan di Yogyakarta. “Dia datang Minggu malam dan sudah berlatih bersama tim," ungkap Aji Santoso.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2020 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Fitra Firdaus
Penulis: Iswara N Raditya

DarkLight