Bursa Transfer: Junior Firpo Resmi Jadi Pemain Baru Barcelona

Oleh: Beni Jo - 5 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Junior Firpo sang pemain baru Barcelona adalah rekrutan keempat klub di bursa transfer setelah Frenkie de Jong, Neto, dan Antoine Griezmann.
tirto.id - Barcelona secara resmi merekrut Junior Firpo pada Minggu (4/8/2019). Pemain asal Real Betis itu dikontrak selama lima musim dengan harga 18 juta euro. Dengan demikian, Junior Firpo adalah rekrutan kempat klub Catalunya di bursa transfer musim 2019/2020.

"Barcelona dan Real Betis telah mencapai kesepakatan untuk transfer Junior Firpo dengan nilai 18 juta euro. Sang pemain akan menandatangani kontrak yang berlaku untuk lima musim dan berakhir hingga 30 Juni 2024, dengan klausul pembelian seharga 200 juta euro," tulis pernyataan resmi Barcelona, dilansir laman klub, Minggu (4/8).

Dalam pernyataanya tersebut, Blaugrana juga mengungkapkan Firpo punya kecepatan, ketepatan, dan postur tubuh tinggi. Modal ini bisa membuat sang bek Spanyol berpotensi menjadi salah satu bek kiri paling menjanjikan di Eropa.

"Kecepatannya yang 'elektrik' dan geraknya yang tak kenal lelah, membuat ia dapat dengan cepat kembali ke posisi defensifnya (ketika menyerang). Selain itu, ia 'nyaman' saat tim menguasai bola, dan bisa terkoneksi dengan baik kepada rekan setim, yang merupakan bagian mendasar untuk permainan Barca," tambah juara Liga Spanyol dalam dua musim beruntun tersebut.



Junior Firpo akan memakai kostum bernomor punggung 24 di Barcelona. Dan pihak klub menyebutkan bahwa ia akan menjadi pemain ke-11 yang memakai nomor tersebut. Sebelumnya, nomor 24 di Barca sempat digunakan oleh Carles Puyol dan Andres Iniesta.

Selain Puyol dan Iniesta, beberapa pemain Barca juga pernah memakai nomor kostum yang sama, seperti Yaya Toure, Fernando Couto, dan Jeremy Mathieu. Musim 2018/2019 lalu, nomor 24 digunakan Thomas Vermaelen yang sudah hijrah ke Vissel Kobe di Jepang.

Firpo sendiri merupakan bek kiri kelahiran Republik Dominika. Ia bergabung dengan Real Betis B pada musim 2014/2015 lalu. Selama bermain di Segunda Division B, pemain 22 tahun itu tampil dalam 45 pertandingan dan sempat mencetak dua gol.

Pertengahan musim 2017/2018 silam, penggawa dengan nama lengkap Hector Junior Firpo Adames ditarik ke skuad utama Real Betis dan akhirnya bisa berlaga di Liga Spanyol.

Pada musim perdana mengenakan jersey Beticos, Firpo turun dalam 14 laga di Liga Spanyol dan mengoleksi dua gol. Catatan yang diraihnya pun semakin meningkat di musim berikutnya. Ia berhasil bermain dalam 24 laga di Liga Spanyol 2018/2019 dan mengoleksi tiga gol.

Secara total, Firpo mampu mencatatkan 88 pertandingan dan menciptakan tujuh gol selama berkarier di Real Betis baik bersama tim B maupun senior.

Selain itu, ia juga turut mengantarkan timnas Spanyol U-21 merengkuh gelar Piala Eropa U-21 2019 yang digelar di Italia, Ketika itu La Rojita mengalahkan Jerman U-21 di laga final.

Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER PEMAIN atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight