Liga Inggris 2019

Bursa Transfer: Everton Rekrut Iwobi Usai Gagal Datangkan Zaha

Oleh: Permadi Suntama - 9 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Bursa transfer: Everton merekrut Alex Iwobi dari Arsenal setelah gagal mendapatkan Wilfried Zaha.
tirto.id - Everton resmi mendatangkan Alex Iwobi dari Arsenal, di detik-detik akhir penutupan bursa transfer musim panas pada Kamis (8/8/2019). Hal ini dlakukan The Toffees setelah mereka gagal mencapai kesepakatan dengan Crystal Palace untuk mendatangkan Wilfried Zaha.

“Everton mengalihkan pandangan mereka ke Iwobi di akhir bursa transfer karena merasa frustrasi dalam upaya mereka untuk menyegel kontrak untuk Wilfried Zaha. [Marco] Silva bertekad untuk menyuntikkan lebih banyak kecepatan ke dalam serangannya musim panas ini, tetapi Everton dan Palace [gagal] mencapai kesepakatan untuk penyerang berdarah Pantai Gading tersebut,” tulis Ed Arons, dikutip Guardian.

Sementara itu, Marco Silva mengaku dirinya membutuhkan penyerang yang memiliki kecepatan untuk menjaga permainan timnya terus tampil cepat sepanjang musim. Kendati sudah memiliki Richarlison, Bernard, dan Theo Walcott, ia menyebut butuh pengganti sepadan jika ketiganya tak dapat bermain.

“Penting bagi saya untuk memiliki satu pilihan lagi [dengan kualitas yang sama] untuk posisi lini depan kami agar menambah apa yang kami miliki dengan Richarlison, Bernard, dan Theo Walcott,” tutur Marco Silva.

Alex Iwobi yang merupakan lulusan akademi Arsenal, dibeli Everton dengan biaya tak kurang dari 35 juta paun. Ia menjadi pemain ketujuh Everton yang direkrut untuk menambah kekuatan tim besutan Marco Silva. Selain Iwobi, Everton telah mempermanenkan Andre Gomes, juga membeli Jonas Lossl, Djibril Sidibe, Fabian Delph, Jean-Philip Gbamin, dan Moise Kean.



Marco Silva menyambut kedatangan Iwobi dengan gembira. Ia mengaku suka dengan karakter permainan Iwobi, yang biasa bermain dari sisi sayap dan menusuk ke dalam. Juru taktik berkebangsaan Spanyol itu yakin bahwa pemain anyarnya itu akan tampil fantastis untuk Everton.

“Alex adalah salah satu target utama kami untuk jendela transfer kali ini dan saya percaya dia adalah pemain yang fantastis untuk Everton. Dia adalah gelandang sayap dan penyerang yang [dapat] menusuk ke dalam dan [pemain] yang selalu terampil serta bekerja sangat keras untuk timnya,” kata Marco Silva, dikutip laman resmi Everton.

Marco Silva juga menyebut bahwa pemain timnas Nigeria itu adalah pemain yang sesuai dengan kebutuhan timnya. Ia pun berharap Iwobi dapat mengeluarkan potensi terbaiknya di Everton, dan membantu The Toffees menjadi salah satu tim kuat di Liga Inggris.

“Alex cocok dengan profil pemain yang saya inginkan dalam strategi saya. Dia bersemangat untuk bergabung dengan Everton dan mengambil langkah selanjutnya dalam kariernya,” tambah manajer berkebangsaan Spanyol tersebut.

Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight