Liga Spanyol

Bursa Transfer: Barcelona Berpeluang Dapatkan Frenkie de Jong

Oleh: Beni Jo - 23 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Barcelona diperkirakan segera mendapatkan Frenkie de Jong dari Ajax Amsterdam di bursa transfer.
tirto.id - Barcelona diklaim oleh beberapa media Spanyol, akan segera mendapatkan Frenkie de Jong di bursa transfer Januari ini. Barca tampak mengungguli lawan-lawan mereka dalam mendapatkan sang pemain Ajax Amsterdam untuk musim depan.

Menurut laporan Catalunya Radio dilansir Sport.es pada Rabu (23/1/2019), Barça disebut-sebut sudah berhasil memperoleh kesepakatan untuk penandatanganan salah satu target utama mereka, Frenkie de Jong dalam menghadapi musim depan.

Selama ini, Azulgrana sudah melakukan negosiasi secara intens dengan Ajax Amsterdam dalam beberapa hari terakhir. Dalam laporan Catalunya Radio juga dijelaskan, agen de Jong sudah memberitahukan kepada beberapa klub lain bahwa pemainnya itu memilih Barcelona. Klub-klub tersebut diantaranya yaitu Paris Saint-Germain, Manchester City, dan Juventus.

Diperkirakan, Ajax akan memperoleh dana segar sebesar 75 Juta Euro setelah menjual pemain bintangnya. Barca sendiri rencananya akan membayar dalam tiga kali periode transfer sementara klub lainnya menawarkan pembayaran tunai dalam satu kali transfer saja.

Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu bersama dengan Òscar Graudan dan Pep Segura dari perwakilan pihak klub akan terbang langsung menuju Amsterdam untuk melakukan penandatanganan kontrak dengan talenta muda Ajax itu.

Pada Selasa (22/1) lalu, Direktur Olahraga Barcelona, Eric Abidal menegaskan, pihaknya masih belum mendapatkan kepastian dan hanya bisa menunggu keputusan de Jong.

"Pertanyaan ini harus ditanyakan kepada sang pemain. Dia tahu ada minat dari banyak klub dan dia akan membuat keputusan. Kami hanya bisa menunggu, seperti orang lain," kata Abidal dikutip Sky Sports.

Frenkie de Jong saat ini berusia 21 tahun. Menurut data Whoscored, dirinya tampil bersama Ajax di Eredivisie dalam 16 laga musim 2018/2019 dengan mencetak tiga gol dan satu assist. Selain itu, bersama timnas Belanda, defender ini sudah mencatatkan empat kali penampilan pada Liga Negara UEFA Grup A.

Dalam sembilan laga terakhirnya bersama Ajax di semua ajang kompetisi, bek bernomor punggung 21 ini juga turun penuh selama 90 menit pertandingan tanpa digantikan. Hasilnya, koleksi dua gol dan satu assist. Selain itu klub yang dibelanya juga memperoleh enam kali kemenangan dan tidak terkalahkan dengan tiga hasil lainnya berakhir imbang.

Sebelum memperkuat tim Ajax senior, dalam data Transfermarkt, De Jong merupakan pemain Ajax U-21 dan sempat membela Willem II dengan status pinjaman. Sementara klub tersebut juga mendapatkannya dari klub Willem II U-21 seharga hanya 270 Ribu Euro pada 22 Agustus 2015.



Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Beni Jo