Bupati Tegal Nonaktif Enthus Susmono Meninggal Dunia

Oleh: Andrian Pratama Taher - 14 Mei 2018
"Enthus dinyatakan meninggal pada pukul 19:15 WIB dengan penyebab kematian serangan jantung," kata Fathuri.
tirto.id - Bupati Tegal nonaktif Enthus Susmono meninggal dunia, Senin (14/5/2018). Enthus menghembuskan nafas terakhir di RSUD dr. Soeselo, Slawi.

"Iya betul, mas. Tadi pukul 19:15," kata Wakil Ketua DPC PKB Tegal Fathuri Nurzen saat dihubungi Tirto, Senin (14/5/2018) malam.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Enthus dan rombongan berencana menghadiri acara pengajian di Desa Argatawang Kecamatan Jatinegara.

Sebelum berangkat, ia sempat bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat di Desa Kajenengan Kecamatan Bojong. Namun, dalam perjalanan menuju Desa Argatawang, Enthus sempat mengeluh, merasakan nyeri dada dan mual hingga tidak sadarkan diri.

Tim kemudian segera membawa Enthus ke Puskesmas Jatinegara dan tiba sekitar pukul 17:45 WIB. Tim medis yang dipimpin dokter Ulinuha segera melakukan upaya pertolongan, mulai dari pemeriksaan denyut nadi, tekanan darah, gula darah hingga pemasangan infus. Akan tetapi, Enthus masih juga tidak sadarkan diri.

Mereka kemudian membawa ke RSUD dr. Soeselo, Slawi menggunakan ambulans. Sekitar pukul 18:20 WIB, Enthus yang masih dalam keadaan koma dan mendapat pernafasan bantu oksigen masuk di IGD.

Diterima oleh Akhmad Rosidi selaku dokter jaga, mereka berusaha memberikan pertolongan selama 45 menit. Namun, Enthus yang berumur 52 tahun tidak sadarkan diri hingga dinyatakan meninggal dunia.

"Enthus dinyatakan meninggal pada pukul 19:15 WIB dengan penyebab kematian serangan jantung," kata Fathuri.

Almarhum kini sudah berada di kediamannya daerah Sanggar Satria Laras, Tegal dan akan dikebumikan Selasa (15/5/2018) di Desa Dampyak, Tegal pukul 10.00 WIB.

"Pemakan besok selasa 15 mei jam 10.00 di TPU Dampyak kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, berangkat dari rumah duka SANGGAR SATRIA LARAS Jl. Projosumarto II RT. 10/02 Bengle Kecamatan Talang Kabupaten Tegal," kata Fathuri.

Baca juga artikel terkait BERITA DUKA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Ibnu Azis
DarkLight