Bundesliga 2020 Lanjut, Leverkusen Pastikan Skuad Negatif COVID-19

Oleh: Wan Faizal - 15 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hasil tes keempat pada Selasa, 12 April lalu, semua orang di Leverkusen dinyatakan negatif COVID-19.
tirto.id - Pelatih Bayer Leverkusen, Peter Bosz, memastikan anggota timnya tidak ada yang terkena COVID-19. Hal itu dikarenakan dari hasil tes keempat yang dilakukan pada Selasa (12/5/2020), semua orang di Leverkusen mendapatkan hasil negatif.

Pihak DFL tak main-main dalam menerapkan prosedur kesehatan dan keselamatan terhadap semua klub. Sejumlah tes terus dilakukan demi mendapatkan hasil maksimal mengenai kondisi kesehatan anggotanya.

Pada tes pertama, ada sejumlah anggota di tim FC Koln yang ternyata positif COVID-19. Namun secara berangsur, terus ada kabar bagus mengenai kondisi dari semua orang di klub.

Termasuk di Leverkusen, diakui oleh Bosz bahwa pengalaman seperti itu sungguh tidak menyenangkan. Namun ia senang karena kondisi kesehatan ia dan anak asuhnya sangat bagus jelang dimulainya lagi kompetisi Bundesliga.

"Kami semua sudah dites lagi pada Selasa dan hasilnya negatif. Penerapan higienis di sini sangat bagus sehingga saya merasa aman," kata Bosz yang juga pernah melatih Borussia Dortmund.

"Kami semua sadar bahwa tes ini bisa saja salah. Namun pihak Bundesliga tidak mau ada kejadian lagi sehingga mereka benar-benar menerapkan protokol kesehatan yang ketat."

Dikatakan lagi oleh Bosz bahwa vakum dua bulan akibat pandemi COVID-19 benar-benar merupakan pengalaman yang tidak bagus. Terlalu lama dikarantina bisa membuat para pemain kehilangan feeling dalam bermain.

Suasana tak bagus itu bahkan masih terasa dalam sepekan terakhir. Tidak terlalu ada raut gembira dari skuadnya meski kompetisi segera dilanjutkan.

"Kami telah dikarantina lagi dalam seminggu terakhir. Ketika berada di bus menuju hotel, ada satu layar besar di belakang kursi sopir. Situasi terlihat tidak menyenangkan sama sekali. Tapi saya yakin semua akan baik-baik saja," lanjut Bosz.

Die Werkself, julukan Leverkusen, akan memulai aksinya lagi pada hari Selasa (26/05/2020) pukul 01.30 WIB di markas Werder Bremen. Laga itu juga akan menjadi laga penutup dari rangkaian pekan ini dari kompetisi Bundesliga 1.

Kini menjadi tugas Bosz dan para stafnya untuk menemukan lagi semangat bermain dari timnya seperti sebelumnya. Karena, Leverkusen masih berpotensi mengejar prestasi musim ini.

Kai Havertz dan kawan-kawan ada di urutan lima dengan koleksi 47 poin. Secara jarak, mereka hanya terpaut delapan poin saja dari Bayern Munchen di peringkat pertama. Artinya, Leverkusen masih berpeluang menjadi juara musim ini.

Demikian juga di Liga Eropa. Leverkusen saat ini berada di babak 16 besar dan seharusnya bermain melawan Rangers pada Maret lalu. Sampai saat ini UEFA belum mengumumkan kapan jadwal pasti lanjutan kompetisi besutan mereka itu.


Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Ibnu Azis
DarkLight