Bulog Prediksi Harga Beras Turun Jelang Lebaran 2019

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 3 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Bulog menyiapkan stok beras sebanyak 2.034.965 ton menjelang bulan ramadan per data 29 April 2019.
tirto.id - Menjelang Lebaran, Bulog menyiapkan stok beras sebanyak 2.034.965 ton. Jumlah itu merupakan akumulasi dari stok yang dimiliki 26 divisi regional dengan data per 29 April 2019.

Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Imam Subowo mengatakan produksi beras ini diperkirakan dapat mencukupi kebutuhan selama lebaran nanti.

Menurut data Bulog, pada bulan lebaran nanti diprediksi terdapat kenaikan permintaan beras sebanyak 3-20 persen.

Namun, data Bulog memperkirakan harga beras terjaga di angka Rp11.500 per kg pada Mei-Juni mendatang.

Detailnya pada bulan April harga beras diprediksi terus turun hingga Juni. Dari Rp11.591 per kg di April menjadi Rp11.377 per kg di Mei dan Rp11.301 per kg di bulan Juni.

"Perkembangan harga beras trennya kelihatan posisi kita di angka Rp11.500 per kg. Stok kami di atas 2 juta dan tesebar di seluruh Indonesia, " ucap Imam dalam konferensi pers di Gudang Bulog Divre Cirebon, Jawa Barat pada Jumat (3/5/2019).

Ia memastikan dari stok beras yang dimiliki Bulog ini akan segera digelontorkan ke pasar bila ada tanda-tanda kenaikan harga. Hal itu akan dilakukan melalui keberadaan stok beras yang dimiliki ke-26 divre di seluruh Indonesia.

Ia mengatakan, dalam rangka melakukan stabilisasi nanti stok beras ini dapat sewaktu-waktu digelontorkan. Menurutnya Bulog tak harus menunggu kenaikan yang signifikan tetapi dapat langsung menjalankan perannya menjaga pasokan pasar.

"Kalau ada gejala naik akan kami gelontorkan cadangan beras kita," ucap Imam.

"Beras akan kami tetap jual. Kami gak nunggu beras harus naik dulu. Pasar harus kita isi," tambah Imam.

Lebih lanjut, Imam mengatakan saat ini Bulog juga tengah melakukan penyerapan hingga 1,4 juta ton beras dari petani. Jumlah itu merupakan akumulasi dari rata-rata penyerapan 15 ribu ton per hari.


Baca juga artikel terkait BERAS BULOG atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight