Menuju konten utama

Bulan Madu Memanjakan Konsumen Mobil Baru di GIIAS 2017

Selain pelbagai diskon yang meringankan konsumen, beberapa program paket layanan purna-jual pun disuguhkan para agen pemegang merek di GIIAS 2017.

Bulan Madu Memanjakan Konsumen Mobil Baru di GIIAS 2017
Presdir PT Honda Prospect Motor (PT HPM) Tomoki Uchida (kiri) bersama Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual Jonfis Fandy (kanan) mengacungkan dua jempol saat peluncuran New Honda Mobilio di Jakarta, Kamis (12/1). ANTARA FOTO/Zarqoni Maksum.

tirto.id - Suka tidak suka, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 secara terang-terangan merupakan ajang jualan, meski beberapa kemunculan mobil konsep masa depan di pameran akbar ini juga muncul sebagai pemanis. Selain pelbagai diskon yang meringankan konsumen, beberapa program paket layanan purna-jual pun disuguhkan para agen pemegang merek.

Tirto mencoba membandingkan paket-paket ini khususnya di segmen mobil MPV yang menjadi kendaraan paling gemuk pasarnya di Indonesia. Mobil low MPV teranyar Xpander lansiran Mitsubishi misalnya, mencoba menawarkan layanan purna-jual yang sepintas meringankan kantong konsumen.

Department Head MMC Business Planning Department Strategy Planning Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Adam Rahman mengatakan khusus Xpander, pihaknya memberikan paket asuransi kecelakaan dan kematian bagi pembeli. Programnya bernama free personal accident insurance oleh Tokio Marine. Sebagai perangsang calon pembeli, Mitsubishi memberikan gratis paket ini selama masa tanggungan satu tahun sebesar Rp100 juta untuk kecelakaan dan kematian bagi empat anggota keluarga pemilik mobil. Paket ini berlaku gratis bagi pembeli Xpander di ajang GIIAS dan seluruh diler hingga 31 Oktober 2017.

“Ini untuk kali pertama kami terapkan, sebagai nilai tambah buat konsumen. Idenya, secara konsep mobil Xpander sudah studi lama sekali untuk keluarga Indonesia, lalu kita berpikir produk apa lagi ya, akhirnya kita tambah proteksi diri,” kata Adam di booth Mitsubishi di sela-sela GIIAS 2017 di ICE, BSD, Tangerang, Senin (14/8/2017).

Baca juga:

Mitsubishi juga mencoba merangkul konsumen dengan layanan paket after sales “SMART” untuk perawatan kendaraan selama 3 tahun. Paket ini juga gratis hingga 31 Oktober. Setelahnya masa “bulan madu” berakhir, berlaku biaya komersial Rp5,5 juta per kendaraan harus dirogoh konsumen. Mitsubishi mengklaim paket ini bisa menghemat biaya 25 persen dibandingkan dengan reguler.

Rupanya, pendatang baru lainnya seperti Wuling tak mau kalah. Wuling menyodorkan paket gratis biaya jasa, material, dan suku cadang untuk perawatan berkala hingga 50.000 km atau 2,5 tahun. Paket ini berlaku bagi pembeli Confero atau Confero S selama GIIAS 2017 berlangsung.

Sesama pemain MPV lainnya, Honda Mobilio juga punya program serupa yang disebut “CERMAT”. Paket Cermat 1 misalnya mencakup harga kendaraan + Paket Perawatan 3 tahun/50.000 km. Cermat 2 mencakup Harga kendaraan + Paket Perawatan 6 tahun/100.000 km. Untuk MPV Mobilio misalnya, paket Cermat 1 biaya yang ditanggung konsumen Rp3.540.000 dan paket Cermat 2 dengan biaya Rp8.750.000 per kendaraan.

Namun yang menjadi catatan, konsumen tetap harus jeli mengorek informasi soal paket-paket yang menggiurkan ini. Setiap brosur yang diberikan agen pemegang merek punya “tanda bintang” yang menerangkan syarat dan ketentuan berlaku. Salah-salah tergiur dengan program "paket hemat" bisa berujung kecewa di kemudian hari.

Baca juga artikel terkait GIIAS 2017 atau tulisan lainnya dari Suhendra

tirto.id - Otomotif
Reporter: Suhendra
Penulis: Suhendra
Editor: Yuliana Ratnasari