Bug Sistem Stories Instagram, Terus Memutar Ulang Konten yang Sama

Penulis: Yonada Nancy - 16 Jun 2022 11:02 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Sistem Instagram Stories di iOS mengalami bug yang menyebabkan penggunanya melihat konten yang sama berulang kali, berikut cara mengatasinya.
tirto.id - Sistem Instagram Stories (IGS) pada aplikasi iOS belakangan dilaporkan mengalami bug story loop. Banyak pengguna yang mengeluhkan fitur Instagram Stories-nya terus berulang bahkan menampilkan konten yang sudah berusia 24 jam.

Bug ini menyebabkan pengguna tidak dapat melihat stories terbaru. Akibatnya, sejumlah warganet termasuk publik figur, beramai-ramai menyampaikan komplain melalui Twitter. Menyusul banyaknya laporan dan keluhan dari pengguna, pihak Meta angkat bicara.

Melansir dari The Verge, Juru bicara Meta Christine Pai mengungkapkan bahwa perushaan tersebut “sadar bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses Instagram Stories.”

Pai juga menyampaikan permohonan maaf dan mengatakan bahwa Instagram sedang "bekerja untuk mengembalikan semuanya normal secepat mungkin."

Normalnya, Instagram Stories bekerja dengan mengarsip konten-konten yang sudah dilihat oleh pengguna dan rutin menggantinya dengan konten terbaru.

Akibat bug story loop ini banyak pengguna yang terus menerus melihat konten yang sama dan tidak dapat memperbarui konten terbaru. Bahkan beberapa pengguna juga melaporkan bahwa masalah yang sama muncul ketika ada postingan baru di feed mereka.

Cara Mengatasi Bug Loop di Instagram Stories


Bagi pengguna yang mengalami bug loop dapat mengatasi kendala tersebut dengan meng-update aplikasi Instagram versi terbaru. Kabar baiknya, saat ini Meta sudah merilis aplikasi pembaruan untuk mengatasi permasalahan bug loop tersebut.

Aplikasi Instagram terbaru yang dirilis adalah versi 239.1 dan sudah dapat diunduh di App Store oleh pengguna iOS. Melansir Digital Trends, aplikasi versi terbaru Instagram ini diklaim "berisi perbaikan bug dan peningkatan kinerja."

Dengan kata lain, Meta ingin pengguna yang masih mengalami kendala bug loop untuk mengunduh pembaruan aplikasi melalui App Store.

Kendala yang Dapat Terjadi pada Instagram Stories


Instagram Stories merupakan salah satu fitur utama Instagram yang memungkinkan penggunanya mengunggah berbagai konten foto atau video dan menampilkannya selama 24 jam.

Berbeda dengan feed yang tampil secara otomatis di halaman utama Instagram, Instagram Stories baru dapat dilihat ketika dipilih melalui ikon yang tersedia. Ada beberapa kendala yang biasanya di alami pengguna terkait Instagram Stories.

Merujuk Pusat Bantuan Instagram, berikut beberapa kendala yang sering terjadi di Instagram Stories dan cara mengatasinya:

1. Rasio gambar tidak sesuai


Ketika mengunggah Instagram Stories seringkal konten terpotong karena terlalu besar untuk dimuat di tampilan story. Hal ini disebabkan oleh rasio gambar yang tidak sesuai dengan ukuran yang dapat dimuat oleh Instagram Stories.

Pengguna dapat mengatasi kendala ini dengan menyesuaikan rasio aspek konten yang ingin diunggah. Rasio ukuran gambar yang dapat dimuat di Instagram Stories adalah 9:16 atau antara 4:5 dan 1,91:1.

Jika kesulitan menyesuaikan rasio tersebut, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur kamera Instagram Stories.

2. Instagram Stories tidak dapat dibuka


Instagram Stories yang tidak bisa dibuka umumnya terjadi karena masa berlaku konten sudah habis. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa Instagram Stories hanya akan tampil di publik selama 24 jam saja. Selebihnya, story otomatis akan diarsipkan.

Pengguna dapat melihat kembali arsip konten Instagram Stories dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi Instagram lalu pergi ke menu Profil;
  • Buka ikon menu pengaturan, berupa tiga garis bersusun yang ada di kanan atas halaman;
  • Pilih menu "Arsip" atau "Archive";
  • Pastikan masuk berada di halaman "Arsip Story" atau "Stories Archive";
  • Konten yang diarsip akan tampil secara otomatis.

3. Terlalu banyak menggunakan elemen

Pengguna dapat menggunakan lima elemen interaktif di Instagram Stories termasuk stiker lokasi, hastag, teks, dan @metion. Namun, penggunaan elemen yang terlalu banyak dapat menghambat proses unggah Instagram Stories.

Jika kendala tersebut terjadi, pengguna sebaiknya menghindari penggunaan emoji, GIF, stiker musik, atau stiker tautan lebih dari satu stiker.



Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora

DarkLight