BTS, TWICE & SEVENTEEN Akan Datang di Golden Disc Awards GDA 2020

Oleh: Maria Ulfa - 9 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
BTS, TWICE dan SEVENTEEN akan hadir dalam ajang penghargaan tahunan Golden Disc Awards (GDA) ke-34 tahun 2020
tirto.id - Sejumlah grup K-Pop, seperti BTS, TWICE dan SEVENTEEN akan hadir dalam ajang penghargaan tahunan Golden Disc Awards (GDA) ke-34 tahun 2020 yang akan dihelat di Gocheok Sky Dome, Seoul, Korea Selatan.

GDA akan digelar dalam dua hari berturut-turut, yakni pada 4-5 Januari 2019. GDA juga akan disiarkan secara langsung melalui saluran TV kabel, JTBC, JTBC2 dan JTBC4.

Pada hari pertama, GDA akan mengumumkan para pemenang untuk kategori album atau lagu terbaik yang dirilis secara digital. Sementara itu, untuk hari kedua, para pemenang yang akan diumumkan adalah untuk kategori album terbaik yang telah dirilis secara fisik.

Sebagaimana dikutip Maeil Gyongjae, sejauh ini, sejumlah grup K-Pop yang telah dikonfirmasi hadir adalah MAMAMOO, JANNABI, TWICE dan Paul Kim. Yang mana, mereka akan hadir dalam acara GDA di hari pertama.

Sementara itu, BTS, SEVENTEEN, dan juga TWICE akan hadir dalam acara GDA pada hari kedua. Dengan demikian, TWICE akan hadir di acara penghargaan GDA dalam dua hari berturut-turut.

Adapun, ajang penghargaan ini digelar untuk mengapresiasi musikus di industri musik Korea Selatan yang telah merilis album, atau lagu dari bulan Oktober 2018 sampai bulan Oktober 2019. Pencatatan untuk penjualan dan streaming lagu dan album di situs Gaon Chart akan tetap dihitung hingga pertengahan Desember 2019.


Kategori dalam nominasi Golden Disc Awards akan didominasi oleh Digital Song Divison Bonsang, Album Divison Bonsang, Rookie Artist of the Year, dan Popularity Awards.

Sementara itu, Komite Eksekutif dari acara penghargaan ini, dan 50 orang ahli di bidang industri musik akan menyaring para nominee yang dipilih berdasarkan ukuran kuantitatif dan mengevaluasinya berdasarkan langkah-langkah kualitatif seperti pencapaian dan pengaruh musik lagu atau album pada masyarakat umum. Evaluasi tersebut akan dihitung sebesar 40 persen untuk menentukan pemenangnya.

Voting sendiri hanya bisa dilakukan untuk menentukan pemenang nominasi di kategori Popularity Award. Pemenang Popularity Awards, 100 persen akan ditentukan oleh pemungutan suara melalui aplikasi TikTok hingga 27 Desember 2019.

Selain itu, terdapat kategori NetEase Music Fan’s Choice K-pop Star Award, yakni nominasi untuk popularitas idol K-Pop di Cina. Pemungutan suara untuk kategori ini akan tersedia bagi para penggemar Cina dan bisa dilakukan melalui NetEase Music hingga 27 Desember 2019.

Sejak GDA ke-32, pemungutan suara secara online sudah tidak menjadi kriteria yang menentukan pemenang untuk kategori utama. Voting hanya akan berlaku untuk penghargaan pada kategori Popularity Awards.


Baca juga artikel terkait GOLDEN DISC AWARDS 2019 atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight