BTS Siap Tampil di Stadion Terbesar Arab Saudi pada 11 Oktober 2019

Oleh: Nuraini Ika - 8 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
BTS siap tampil di panggung Arab Saudi pada 11 Oktober 2019
tirto.id - BTS siap tampil di panggung lewat konser bertajuk Love Yourself: Speak Yourself di King Fadh International Stadion Arab Saudi pada 11 Oktober 2019 waktu Setempat.

BTS disebut sebagai musisi Asia pertama yang akan menggelar konser di salah satu stadion terbesar Arab Saudi tersebut. Penampilan BTS di Arab Saudi bahkan juga dijanjikan akan disiarkan langsung melalui aplikasi Naver Live Online Broadcasting.

Terletak di ibu kota Riyadh, Menurut data dari StadiumDB.com, kapasitas stadion ini mampu menampung lebih dari 68 ribu orang. Piala Konfederasi FIFA berlangsung tiga kali di King Fadh (1992, 1995, 1997). Stadion ini juga menjadi tempat U20 World Cup (1989) saat Saudi menjadi tuan rumah.

Berita BTS yang akan tampil di Arab Saudi bukan tidak menerima kritik, pasalnya karena pesan tur 'Love Yourself' dianggap kontradiksi dengan sistem hukum di Arab Saudi.

Sebelumnya, penyanyi asal Amerika, Nicki Minaj membatalkan konsernya di Arab Saudi karena dia mendukung hak-hak wanita dan komunitas LGBTQ. Sementara, BTS juga jauh lebih terbuka mengenai topik-topik seperti LGBTQ dibandingkan dengan kelompok K-Pop lainnya, demikian dilansir Billboard.

Konser di Arab Saudi akan menyambung konser tur dunia BTS Love Yourself: Speak Yourself yang sebelumnya digelar di berbagai negara termasuk Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

Dengan penambahan jadwal konser ini, BTS mengadakan tur stadion dengan 17 konser di 9 negara, mulai dari Los Angeles, Chicago, New Jersey (AS), Sao Paolo (Brazil), London (Inggris), Paris (Perancis), Osaka (Jepang, Shizuoka (Jepang), dan Riyadh (Arab Saudi)

BTS juga telah menyelesaikan tur Love Yourself: Speak Yourself Japan Edition dengan konser terakhir di Shizuoka Stadium Ecopa, Jepang

Konser Love Yourself awalnya untuk mempromosikan seri album Love Yourself BTS, yaitu Love Yourself: Her, Love Yourself: Tear album studio, dan Love Yourself: Answer kompilasi album. Lewat Konser tersebut BTS tercatat mengunjungi 20 kota pada 25 Agustus 2018 hingga 7 April 2019.

Konser Love Yourself: Speak Yourself dimulai pada 4 Mei 2019 di Pasadena, California dan akan berakhir pada 29 Oktober 2019 di Seoul, Korsel. Apabila dikalkulasikan, maka dua tur BTS bertajuk Love Youself World Tour memiliki 62 konser di 30 kota berbagai negara.

BTS sendiri baru saja kembali aktif di dunia hiburan selepas cuti sementara sekitar satu bulan, dan kini, Jimin, Jungkook, RM, Suga, V dan J-Hope tengah bersiap untuk penampilan mereka di King Fadh International Stadium Arab Saudi pada 11 Oktober mendatang.


Baca juga artikel terkait BTS atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Nuraini Ika
Penulis: Nuraini Ika
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight