BTS Kejutkan Penggemar dengan Rilis MV Resmi Lagu "Black Swan"

Oleh: Maria Ulfa - 5 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
MV “Black Swan” sendiri dirilis pada Kamis (4/3/2020) pukul 24.00 KST, atau 22.00 WIB. Dalam MV tersebut, BTS memamerkan kemampuan koreografi mereka dengan mengenakan pakaian bernuansa gelap.
tirto.id - BTS berhasil mengejutkan para penggemarnya dengan merilis music video (MV) resmi untuk lagu b-side “Black Swan”. BTS merilis MV “Black Swan" tersebut tanpa pemberitahuan sebelumnya.

MV “Black Swan” sendiri dirilis pada Kamis (4/3/2020) pukul 24.00 KST, atau 22.00 WIB. Dalam MV tersebut, BTS memamerkan kemampuan koreografi mereka dengan mengenakan pakaian bernuansa gelap.

“Black Swan” adalah lagu pertama dalam album Map of the Soul: 7 yang diungkapkan oleh BTS lewat video seni pada Januari 2020 lalu. Lagu tersebut juga telah ditampilkan oleh BTS untuk pertama kalinya dalam acara The Late Late Show with James Corden.

MV “Black Swan” versi film seni sebelumnya dirilis dengan memperlihatkan penampilan para pelaku seni dari MN Dance Company, sebuah kolektif tari kontemporer, fusion, dan urban yang berbasis di Slovenia.

Dikutip dari Variety, film seni “Black Swan” tersebut terinspirasi dari kutipan akhir dari Martha Graham yang berbunyi, "Seorang penari meninggal dua kali, pertama ketika mereka berhenti menari, dan kematian pertama ini lebih menyakitkan.”

Video musik tersebut juga menampilkan koreografi kontemporer simbolis. Ada fokus besar pada tarian kontemporer tersebut, yang mana mereka berusaha menyorot Jimin. Jimin memang pernah mempelajari tarian kontemporer.

Video musik "Black Swan" merujuk pada konsep Jungian shadow, tema yang mendasari di balik album baru Map of the Soul: 7, serta film Black Swan (2010) dengan adegan-adegan yang mencerminkan momen ikonik dalam film tersebut.

BTS sendiri berhasil memuncaki chart album di Gaon untuk minggu kesembilan (23-29 Februari 2020) selama dua pekan berturut-turut dengan album lengkap Map of the Soul: 7. Di saat yang sama, lagu utama “ON” menempati posisi pertama di chart digital dan download.

Sementara itu, BTS baru saja dikonfirmasi akan berpartisipasi dalam album debut Lauv bertajuk ~how i’m feeling~ yang akan dirilis pada Jumat (6/3/2020) waktu setempat. Ini akan menjadi kolaborasi mereka yang kedua, yang mana sebelumnya Lauv telah berpartisipasi dala lagu BTS “Make It Right” versi remix.

Kabar kolaborasi tersebut diungkapkan langsung oleh Lauv, dan BTS akan berpartisipasi dalam lagu b-side “Who”.

“Ketika saya melihat penampilan BTS di Wembley Stadium, London, Inggris, saya disambut hangat oleh para anggota ketika saya bertemu mereka di ruang tunggu, dan mereka menyarankan agar kami melakukan remix untuk lagu Make It Right,” tutur Lauv, seperti dikutip JTBC Plus.

Penyanyi tersebut kemudian melanjutkan, “Dimulai dengan kolaborasi ini dan sekarang kami bahkan bekerja sama dalam album debut saya.”


Baca juga artikel terkait BTS atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight