BTS Jadi Idol Berpenghasilan Tinggi Versi Forbes, Kalahkan Ariana

Oleh: Nuraini Ika - 11 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
BTS ditetapkan menjadi idol Korea berpenghasilan tertinggi hingga pertengahan 2019.
tirto.id - BTS untuk pertama kalinya berhasil masuk dalam daftar 100 artis dunia berpenghasilan tertinggi 2019 versi Forbes.

Data ini dikeluarkan melalui laman Forbes.com pada Rabu (10/7/2019). BTS duduk di nomor 43 dan menjadi idol Korea satu-satunya dalam daftar, sehingga BTS ditetapkan menjadi idol Korea berpenghasilan tertinggi hingga pertengahan 2019.

Data Forbes ini ditentukan dari jumlah penghasilan BTS dari tanggal 1 Juni 2018 hingga 1 Juni 2019. Jumlah pendapatan tersebut dihitung sebelum dikurangi biaya untuk manajer, pengacara, dan agen.

Menurut data Forbes, dalam satu tahun, sebelum dikurangi pajak, boy group BTS berhasil meraup angka penghasilan sebesar 57 juta dolar atau sekitar Rp800 miliar.

Forbes juga menyampaikan, data 100 artis berpenghasilan tertinggi yang mereka keluarkan diambil dari data milik Nielsen Music, Pollstar, IMDB, NPD BooScan dan ComScore.

Menurut Forbes, pemasukan terbanyak BTS datang dari penjualan tiket konser mereka bertajuk Love Yourself: Speak Yuorself. Selain itu, pendapatan terbesar BTS juga datang dari dua film milik BTS, penjualan album, dan bayaran iklan.


Konser tur stadion pertama BTS di Amerika Utara, Eropa dan Asia meraih kesuksesan besar. Dilansir Billboard, lewat rangkaian tur tersebut, BTS berhasil menjual 600 ribu tiket.

Secara rinci, dari total 6 konser di 3 negara Amerika Utara, BTS tercatat menjual sekitar 299.770 tiket dan meraup 44 juta dolar AS atau sekitar Rp628 miliar.

Sementara dari konser di daratan Eropa termasuk Brasil, Paris, dan London, BTS mendapatkan 35 juta dolar AS atau sekitar 499 miliar rupiah.

Sedangkan melalui dua film documenter mereka bertajuk BTS: Burn The Stage (2018) dan BTS World Tour: Love Yourself in Seoul (2019) masing-masingnya BTS meraih angka pemasukan sebesar 18.5 dan 11.7 juta dolar AS.

Duduk di posisi 43 daftar artis pembayaran tertinggi versi Forbes, BTS bersanding dengan sejumlah artis papan atas dunia lainnya termasuk Taylor Swift, Kylie Jenner, Kenya West, Lionel Messi dan Ed Sheeran yang duduk di tangga lima teratas.

Sementara di tangga ke-41 ada Katy Perry dan Justin Timberlake. Bruno Mars duduk di tangga 54 dan ada Ariana Grande di posisi ke-62, tangga 80 diduduki Simon Cowel, sementara DJ Khaled duduk diangka 87 disusul Lady Gaga ditangga 90.

Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Nuraini Ika
Penulis: Nuraini Ika
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight