BTS Jadi Artis Pertama yang Sukses Raih Semua Daesang di MAMA 2019

Oleh: Maria Ulfa - 5 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
BTS menjadi artis pertama yang berhasil menyabet semua kategori Daesang MAMA
tirto.id - Boy group besutan Big Hit Entertainment, BTS menjadi artis pertama yang berhasil menyabet semua kategori Daesang (Grand Prize) dalam ajang penghargaan Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019.

Dalam acara yang digelar pada Rabu (4/12/2019) di Nagoya Dome, Jepang tersebut, BTS berhasil meraih Daesang untuk 4 kategori berbeda, yakni Artist of the Year, Album of the Year melalui album Map of the Soul: Persona, kemudian Song of the Year (“Boy With Luv”), dan Worldwide Icon of the Year.

Dengan demikian, BTS menjadi artis pertama dalam sejarah yang berhasil meraih semua kategori Daesang dalam ajang penghargaan MAMA tersebut.

“ARMY! Saya ingin mengucapkan terima kasih atas Daesang ini. Saya adalah seorang anak muda yang tidak tahu apa-apa selain menari. Tetapi ketika saya bergabung dengan Big Hit dan menjadi anggota BTS, saya bekerja sangat keras dan belajar banyak tentang musik dari teman-teman ini,” ujar J-Hope saat memberi pidato kemenangan, seperti dikutip Soompi.

J-Jope juga melanjutkan, “setelah debut, saya membuat musik untuk kalian dengarkan. Saya pikir ini adalah penghargaan yang sangat berarti, baik bagi saya secara pribadi maupun untuk BTS. Saya ingin mengucapkan terima kasih.”

Tahun lalu, BTS berhasil memenangkan penghargaan Daesang untuk kategori Artist of the Year. Ketika tahun ini BTS mendapatkan penghargaan yang sama, Suga kembali mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para penggemar.


“2019 adalah tahun yang intens di mana kami bekerja sangat keras. Tahun lalu di MAMA, para anggota menangis, dan kami berlari kencang dengan tujuan untuk bekerja keras dan melakukan yang terbaik. Terima kasih telah memberi kami banyak penghargaan,” tutur Suga.

Sementara itu, leader BTS, RM menyatakan bahwa semua orang telah bekerja keras tahun ini, termasuk mereka yang ikut serta dalam acara MAMA, semua penggemar yang menonton, artis, staf, dan masih banyak lagi.

“Tidak banyak yang bisa kami lakukan. Kami akan bekerja keras membuat musik, berlatih di ruang latihan, dan menari. Kami akan bersinar di tempat kami sebanyak yang kami bisa sehingga setiap orang yang hidup di waktu yang sama dengan kami dapat memiliki kekuatan,” tutur RM.

“Melihat kalian semua memberi kami kekuatan juga, dan kami bertekad untuk bekerja keras dan bersinar. Setiap orang yang mengawasi kami, kalian telah bekerja keras, dan tolong awasi kami juga tahun depan. Semoga kalian sehat dan bahagia! Terima kasih!” imbuh RM.

Sebelumnya, pada 30 November 2019, BTS juga telah berhasil meraih 4 piala Daesang sekaligus dalam ajang penghargaan Melon Music Awards (MMA) 2019 yang digelar di Gocheok Sky Dome, Seoul, Korea Selatan.

Empat kategori Daesang di MMA yang berhasil dibawa pulang BTS adalah Artist of the Year, Record of the Year, Album of the Year melalui album Map of the Soul: Persona, dan Song of the Year untuk lagu “Boy With Luv”.


Baca juga artikel terkait MAMA 2019 atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight