BTS Jadi Artis Asing Pertama yang Konser di Stadion Terbesar Saudi

Oleh: Nuraini Ika - 15 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
BTS menjadi musikus asing pertama yang akan menggelar konser tur berskala besar di King Fadh International Stadium, Arab Saudi.
tirto.id - Boy group Korea Selatan, BTS menjadi musikus asing pertama yang akan menggelar konser tur berskala besar di King Fadh International Stadium, Arab Saudi pada 11 Oktober 2019.

King Fadh International Stadium dikenal sebagai salah satu stadion terbesar Arab Saudi yang terletak di ibu kota Riyadh. Menurut data dari StadiumDB.com, kapasitas stadium ini mampu menampung lebih dari 68 ribu orang.

Berdiri pada tahun 1987, King Fadh International Stadium menjadi stadion pemilik atap terbesar di dunia. Memiliki luas 47.000 meter persegi, stadion milik Raja Fadh ini telah menjadi stadion terbesar Arab Saudi selama dua dekade.

Piala Konfederasi FIFA berlangsung tiga kali di King Fadh (1992, 1995, 1997). Stadion ini juga menjadi tempat U20 World Cup (1989) saat Saudi menjadi tuan rumah.

Sebelumnya, boy group Korea Super Junior (SUJU) telah menggelar konser bertajuk Super Show 7 World Tour bertempat di Saudi tepatnya di King Abdullah Sports City, Jeddah dan menjadi idol Asia pertama yang tampil di sana.

Dikutip dari Arab News, penampilan SUJU di Saudi bagian dari festival musiman Jeddah yang merupakan program pemerintah, Arab Saudi Seasons yang bertujuan mendongkrak kegiatan pariwisata di negara Semenanjung Arab tersebut.

Festival hiburan itu diselenggarakan pertama kali pada Juni-Juli 2019. Disebutkan sekitar 150 aktivitas dan acara akan diselenggarakan di lima destinasi wisata di Jeddah.

Penambahan jadwal konser BTS di Saudi ini diumumkan agensi Big Hit Entertainment melalui laman Twitter @BighitEnt pada Minggu (14/7/2019).


Konser di Arab Saudi akan menyambung konser tur dunia BTS Love Yourself: Speak Yourself yang sebelumnya digelar di berbagai negara termasuk Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

Dengan penambahan jadwal konser ini, BTS mengadakan tur stadion dengan 17 konser di 9 negara, mulai dari Los Angeles, Chicago, New Jersey (AS), Sao Paolo (Brazil), London (Inggris), Paris (Perancis), Osaka (Jepang, Shizuoka (Jepang), dan Riyadh (Arab Saudi)

BTS juga telah menyelesaikan tur Love Yourself: Speak Yourself Japan Edition dengan konser terakhir di Shizuoka Stadium Ecopa, Jepang, pada Minggu (14/7/2019).


Baca juga artikel terkait BTS atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Musik)


Penulis: Nuraini Ika
Editor: Dipna Videlia Putsanra
Kontributor: Nuraini Ika
DarkLight