BTS Cetak Sejarah Pemenang Pertama Kategori Best K-Pop di VMAs 2019

Oleh: Nuraini Ika - 27 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
BTS “Boy With Luv feat Halsey” membawa pulang trofi kategori Best K-Pop di ajang MTV VMAs 2019.
tirto.id - Boy group Bangtan Boys atau BTS lewat lagu “Boy With Luv feat Halsey” berhasil membawa pulang trofi kategori Best K-Pop di ajang MTV Video Music Awards (VMAs) pada 26 Agustus 2019 waktu setempat di Prudential Center, New Jersey, Amerika Serikat (AS).

MTV News mewartakan, prestasi itu mengantarkan BTS menjadi artis pertama yang berhasil memenangkan trofi tersebut, mengingat tahun ini merupakan perdana VMAs memasukkan kategori Best K-Pop.

BTS tidak dapat hadir di ajang penghargaan tersebut, meski demikian, Zara Larsson yang membacakan nama pemenang mengungkapkan, ia akan mengantarkan trofi Best K-Pop kepada Bangtan dengan aman.

Bawa pulang trofi Best K-Pop, menandakan BTS berhasil mengalahkan nominasi lain dari kategori sama yaitu BLACKPINK “Kill This Love”, Monsta X “Who Do You Love”, TXT “Cat & Dog”, NCT 127 “Reguler”, dan EXO “Tempo”.

Selain memenangkan kategori tersebut, dari ajang sama, BTS juga berhasil bawa pulang trofi kategori Best Group dan sukses kalahkan nominasi lainnya yaitu Backstreet Boys, 5 Seconds of Summer, BLACKPINK, Jonas Brothers, Prettymuch, dan Why Don’t We.

Pada ajang VMAs 2019, BTS secara keseluruhan masuk 5 nominasi yaitu Best Collaboration, Best Art Direction, Best Choreography, Best K-pop, dan Best Group. Bangtan berhasil menangkan 2 trofi dari 5 nominasi tersebut.

Sementara dalam 3 kategori lainnya seperti Best Collaboration dimenangkan Shawn Mendes & Camila Cabello “Senorita”, kemudian Best Art Direction dimenangkan Ariana Grande “7 Rings”, dan trofi Best Choreography didapatkan Rosalia & J Balvin ft El Guincho “Con Altura”.

MTV VMAs merupakan ajang penghargaan tahunan yang diberikan saluran TV musik berbayar Amerika, MTV. Awalnya ajang ini dibuat sebagai alternatif kategori Music Video (MV) untuk acara Grammy Awards, tetapi semenjak 2001 MTV VMAs menjadi ajang penghargaan sendiri yang memiliki banyak kategori.

Bangtan Boys atau BTS merupakan boy group Korea yang digawangi tujuh personel yaitu Jin, Jimin, Jungkook, Suga, J-Hope, V, dan dipimpin RM. Mereka debut di bawah payung agensi Big Hit Entertainment pada 2013 dengan single 2 Cool 4 Skool.

Selama karier, Bangtan telah meraih segudang prestasi, beberapa waktu lalu, tepatnya 24 Agustus 2019, RM dan kawan-kawan sukses menjuarai MTV UK’s Hottest Summer Superstar 2019 mengalahkan Lady Gaga di urutan kedua dan BLACKPINK di peringkat ketiga.

MTV UK’s Hottest Summer Superstar merupakan ajang penghargaan musik tahunan yang digelar stasiun MTV UK untuk memberikan penghargaan kepada musisi berbakat dan populer setiap musim panas pada tiap tahunnya.

Sebelum membuka proses voting secara umum, tim penyelenggara MTV UK’s biasanya akan memilih 50 artis berbakat yang dianggap memiliki pengaruh besar di industri musik dunia.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Nuraini Ika
Penulis: Nuraini Ika
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight