BTS Cetak Rekor Baru dengan Penjualan Album "Map of the Soul: 7"

Oleh: Maria Ulfa - 12 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Album Map of the Soul: 7 milik BTS berhasil mencetak rekor baru sebagai album terlaris yang mencapai 4,1 juta keping hanya untuk penjualan bulan Februari 2020 di Gaon Chart.
tirto.id - BTS berhasil mencetak rekor lewat album terbaru mereka, Map of the Soul: 7. Yang mana, Map of the Soul: 7 menjadi album terlaris yang mencapai 4,1 juta keping hanya untuk penjualan bulan Februari 2020 di Gaon Chart.

Berdasarkan chart album Februari 2020 yang dirilis oleh Gaon Chart pada Kamis (12/3/2020), album lengkap keempat BTS, Map of the Soul: 7 telah menduduki peringkat teratas dengan penjualan total mencapai 4.114.843 keping hanya dalam sembilan hari sejak dirilis pada 21 Februari lalu, demikian seperti dikutip Yonhap News Agency.

Dengan ini, BTS berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh mereka sendiri. Yakni dengan penjualan bulanan sebanyak 3.229.032 keping dan penjualan tahunan sebanyak 3.718.230 keping yang diraih BTS pada 2019 lalu lewat mini album Map of the Soul: Persona di Gaon Chart.

Selain itu, BTS sekali lagi menunjukkan pengaruhnya di pasar internasional dengan melampaui rekor penjualan album terbanyak dari penyanyi Korea dengan 3.399.302 keping yang dirilis oleh Guinness World Records pada Juni tahun lalu, demikian seperti dikutip Osen.

Sementara itu, BTS terus membuat sejarah dengan memuncaki chart musik tidak hanya di Korea, tetapi juga di Amerika Serikat (AS), Inggris, Australia, dan Jepang.

BTS juga menjadi penyanyi Korea pertama yang memuncaki chart Billboard 200 (AS) dengan empat album berturut-turut.

Sementara, lagu utama "ON" dalam album Map of the Soul: 7 juga berhasil menempati posisi keempat dalam chart Billboard Hot 100, sebuah rekor tertinggi yang pernah diraih oleh grup Korea sehingga membuktikan posisi BTS yang sangat kuat.

Sebelumnya, distributor album BTS, Dreamus Company menyatakan bahwa pre-order untuk album lengkap BTS ke-4, Map of the Soul: 7 secara total telah mencapai 4.020.000 keping per tanggal 17 Februari 2020.

Jumlah tersebut merupakan pre-order dari dalam dan luar negeri yang diakumulasikan oleh Dreamus Company, dan menjadi angka pre-order terbesar BTS sejauh ini.

Map of the Soul: 7 dari boy group beranggotakan V, Jungkook, Jimin, Jim, SUGA, RM dan J-Hope ini menandai comeback mereka dengan album lengkap pertama dalam dua tahun terakhir.

Daftar lagu dalam album Map of the Soul: 7 sendiri terdiri dari total 20 lagu, yakni 15 lagu baru dan termasuk 5 lagu yang sebelumnya terdapat dalam mini album Map of the Soul: Persona yang dirilis pada April 2019 lalu.

Baru-baru ini, BTS ikut berpartisipasi dalam album debut Lauv bertajuk ~how i’m feeling~ yang telah dirilis pada 6 Maret 2020 lalu. BTS ikut terlibat dalam lagu b-side milik Lauv bertajuk “Who”.

Itu menjadi kolaborasi mereka yang kedua, yang mana sebelumnya Lauv pernah berpartisipasi dalam lagu BTS “Make It Right” versi remix.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight