BTS & BLACKPINK Sumbang Peningkatan Royalti Luar Negeri Musik K-Pop

Oleh: Nuraini Ika - 3 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
BTS dan BLACKPINK ikut menyumbang jumlah royalti musik luar negeri Korea 2019 yang meningkat secara signifikan hingga 140 persen jika dibandingkan dengan data tahun lalu.
tirto.id - Korea Music Copyright Association (KOMCA) mengungkapkan jumlah royalti musik luar negeri Korea 2019 meningkat secara signifikan hingga 140 persen jika dibanding dengan data tahun lalu. Hal ini disampaikan pada Selasa (3/9/2019).

Soompi mewartakan Selasa (3/9/2019), menurut KOMCA, royalti musik Korea dari luar negeri sepanjang 2019 ini telah mencapai 11,3 miliar won atau sekitar Rp1,3 triliun, meningkat 140 persen dibandingkan dengan tahun 2018.

Perwakilan KOMCA menyatakan, peningkatan ini terjadi salah satunya karena pengaruh idol papan atas Korea seperti BTS dan BLACKPINK yang menerima banyak cinta dari penggemar luar negeri.

"Musik artis Korea seperti BTS dan BLACKPINK menerima cinta dari orang-orang di seluruh dunia, dan artis Korea terus menampilkan pertunjukan di luar negeri. Ini juga merupakan hasil dari penugasan para profesional khusus ke departemen ini dan menggunakan sistem yang diperkuat memantau penggunaan musik di luar Korea untuk menghindari penghilangan royalti K-pop," tutur perwakilan KOMCA sebagaimana dikutip Soompi.

Ketua KOMCA, Hong Jin Young mengungkapkan kegembiraannya mengetahui bayak orang di luar Korea yang kini menikmati dan mencintai musik Korea.

"Saya sangat bangga dan berpikir itu bermakna orang-orang dari seluruh dunia mendengarkan dan menikmati musik negara kami, dan ini semua dimungkinkan karena kerja keras dari penulis lagu kami yang memasukkan upaya penuh mereka untuk membuat musik yang bagus," tutur Hong Jin Young.

"Untuk melindungi dengan benar hak-hak penulis lagu, KOMCA akan berupaya memastikan koleksi lengkap royalti musik dari penggunaan di luar Korea. Kami juga akan bekerja untuk melindungi hak-hak penulis lagu asing dengan mengelola dengan benar penggunaan musik asing di Korea," kata Hong Jin Young, menambahkan.

Beberapa waktu lalu, boy group Korea BTS tercatat berhasil masuk Billboard Hot Tours bulan Agustus 2019 lewat 4 konser bertajuk "Love Yourself: Speak Yourself" di Jepang.

Dilansir Billboard, lewat 4 konser stadium di Jepang, BTS secara total berhasil meraup keuntungan sebesar 20,3 juta dolar AS dan menurut data yang dilaporkan pada Billboard Boxscore, jumlah tiket terjual sebanyak 107.153 tiket.

Selain itu, Billboard juga menyatakan, secara total konser stadium tur dunia BTS "Love Yourself: Speak Yourself" yang dimulai di daratan Amerika pada bulan Mei termasuk di Los Angeles, Chicago, New Jersey, dan Sao Paulo yang meraup pemasukan hingga 99,3 juta dolar AS.

BTS "Love Yourself: Speak Yourself" di AS juga tercatat menjadi konser pendapatan tertinggi bulan Mei 2019 dengan meraup keuntungan sebesar 52,7 juta dolar Amerika dan menjual 384.498 tiket secara keseluruhan.

BTS disebut mampu meraup rata-rata pemasukan 6,2 juta dolar AS dan menjual 50.945 tiket untuk setiap pertunjukan konser "Love Yourself: Speak Yourself".


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Nuraini Ika
Penulis: Nuraini Ika
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight