BTS & BLACKPINK Masuk Daftar Album K-pop Paling Layak Ditunggu 2019

Oleh: Alifa Justisia - 12 Januari 2019
Dibaca Normal 2 menit
Karya yang akan dirilis BTS dan Blackpink masuk dalam daftar album K-pop paling layak ditunggu tahun 2019 versi Billboard.
tirto.id - Tahun 2018 dilewati pelaku industri musik Korea Selatan dengan manis. Sejak kemunculannya di tahun 2011, demam K-pop semakin diminati. Pada awal tahun 2019 ini, BigHit Entertainment kemudian tergerak mendirikan boyband baru bernama TXT, namun baru satu anggota grup tersebut yang baru dipublikasikan.

Sementara artis dan perusahaan K-pop sangat merahasiakan rencana musik mereka sampai siap untuk didebutkan, Billboard memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana 2019 akan berjalan di panggung dunia K-pop. Mereka memprediksi 10 album K-pop yang layak diantisipasi kehadirannya pada sepanjang 2019.

g.o.d, Then&Now (10 Januari)

g.o.d akan merayakan 20 tahun eksistensi mereka di industri musik dengan album baru khusus, termasuk lagu-lagu baru serta pemutaran ulang lagu-lagu masa lalu. Superstar yang paling menonjol seperti IU, Henry, Urban Zakapa, Jo Hyun Ah dan Yang Da Il akan bergabung dengan band ini untuk mengaransemen lagu-lagu K-pop legendaris guna membantu memperkenalkan 'veteran musik K-pop' kepada para fans K-pop baru.

Gfriend, Time for Us (14 Januari)

Girlband yang sempat berada di puncak tangga lagu ini akan memulai tahun 2019 dengan album kedua mereka. GFriend memulai karir dengan merilis LOL di tahun 2016. Mereka mengisi synth-pop twinkly mereka dengan EDM berenergi tinggi untuk single ‘Navillera.’ Single utama mereka yang berjudul ‘Sunrise’ dikomposisi oleh produser band terkenal pada tahun 2018, No Joohwan dan Lee Wonjong.

ASTRO, All Light (16 Januari)

Agensi telah mengungkapkan bahwa ASTRO menetapkan 16 Januari sebagai tanggal resmi kembalinya mereka. ASTRO akan merilis full album pertama mereka yang berjudul All Light sebagai tanda comeback. ASTRO telah mempublikasikan foto mereka pada 1 Januari lalu dengan tagline 'It's Gonna Be All Light' bersamaan dengan pengumuman judul album. Mereka juga telah membagikan jadwal kegiatan mereka untuk comeback, termasuk tanggal rilis foto teaser, video konsep, dan medley highlight album.

Seventeen, You Made My Dawn (21 Januari)

Setelah album 'You Make My Day' dirilis pada musim panas lalu, Seventeen akan kembali debut dengan albumnya di musim dingin tahun ini yang diberi judul 'You Made My Dawn'. Diprediksi, boyband yang beranggotakan 13 orang ini akan memulai tahun 2019 dengan aura lebih misterius, menampilkan sisi lain diri mereka selama perjalanan karier dan mengeksplorasi berbagai aliran berbeda.

Tiffany Young, TBA (awal 2019)

Penyanyi girlband papan atas, Tiffany SNSD lewat akun Instagramnya mengumumkan akan merilis single terbarunya 'Born Again' pada 24 Januari. Lagu ini juga akan menjadi bagian dari album mini pertamanya, 'Lips on Lips'.

"Aku harap lagu ini dapat menjadi soundtrack untuk Anda yang membutuhkan cinta & cahaya. Apa pun yang Anda alami bukanlah masalah. Gapailah setiap harapan dan ingat bahwa tidak peduli berapa banyak Anda ingin menyerah, tunggu sampai kekuatan Anda muncul dan Anda akan merasa terlahir kembali. Aku dengan gembira mengumumkan single pertama dari mini albumku, BORN AGAIN," tulis Tiffany.

Monsta X, TBA/Take.2

Setelah menjadi artis K-pop pertama yang bermain di tur Jingle Ball iHeart dan mengadakan pertunjukkan besar di Amerika Serikat, Monsta X dikabarkan akan berkolaborasi dengan beberapa artis dan DJ. Dalam wawancaranya dengan Billboard, Monsta X mengatakan kedepannya mereka akan memiliki lebih banyak lagu berbahasa Inggris.

BTS

Di penghujung tahun 2018, Billboard menulis artikel perilisan 10 album K-pop terbaik sepanjang 2018. Dalam daftar itu, album BTS 'Love Yourself: Answer' berada di posisi teratas, bahkan muncul tiga kali. Billboard memprediksi, BTS kemungkinan akan mengikuti kecepatan rilis mereka di 2018 lalu, termasuk beberapa debut di Korea Selatan dan Jepang, plus mixtapes solo dan single berbahasa Inggris dengan Steve Aoki.

BLACKPINK

Setelah menandatangani kontrak dengan Interscope Records dan lineup Coachella tahun ini, sertamengumumkan tanggal tur dunia mereka, Blackpink menjadi menjadi perhatian besar yang disorot di panggung musik Korea Selatan.

Dikutip dari Billboard, meskipun langkah ke depannya belum dipastikan seperti apa, CEO YG Entertainment yang menaungi label Blackpink, Yang Hyun-suk mengatakan bahwa setiap member akan merilis lagunya sendiri. Lagu milik Jennie akan jatuh pada bulan November, yang membuatnya menjadi nomor 1 di Penjualan Lagu Digital Dunia. Rosé akan menjadi anggota berikutnya yang akan dirilis meskipun belum ada keterangan lebih lanjut.

NU’EST

Dilaporkan dari metro.co.uk, boyband NU'EST membentuk subgroup NU'EST W setelah salah satu membernya, Minhyun terpilih sebagai anggota Wanna One selama serial TV Produce 101 berlangsung. Ketimbang membubarkan band-nya, bintang NU'EST yang tersisa yaitu JR, Aron, Baekho dan Ren terus mempromosikan boyband papan atas ini meski hanya beranggotakan empat orang.

Tambahan huruf 'W' dalam nama NU'EST berasal dari kata 'waiting' karena mereka menunggu kembalinya Minhyun. Kontrak Minhyun sebagai anggota Wanna One akan berakhir di bulan Januari 2019, sehingga JR telah mengkonfirmasi bahwa NUEST W akan segera berakhir secara resmi.

BIGBANG/BIGBANG Member Solos

Tahun ini, empat anggota BIGBANG sedang menyelesaikan wajib militer mereka. YG Entertainment sebagai perusahaan musik yang melabeli mereka mengatakan hal ini dapat dapat mengarahkan mereka untuk membuat suasana baru pada musik mereka baik secara grup maupun solo. Billboard menuliskan, sementara anggota termuda BIGBANG, Seungri telah merencanakan untuk bersolo karir dan melakukan tur dunia, G-Dragon, Taeyang, Daesung dan T.O.P akan kembali ke industri musik dengan show mereka sendiri.

Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Alifa Justisia
(tirto.id - Musik)


Penulis: Alifa Justisia
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan