Bridgestone Optimistis Capai Sejumlah Target pada 2019

Oleh: Dio Dananjaya - 9 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Bridgestone Tire Indonesia optimistis mampu memanfaatkan peluang dari perkembangan positif pasar otomotif di dalam negeri pada 2019.
tirto.id - Salah satu raihan PT Bridgestone Tire Indonesia pada 2018 lalu adalah meningkatnya penjualan yang berbanding lurus dengan pertumbuhan pasar otomotif di Indonesia. Capaian ini turut berpengaruh pada sektor penjualan ban OEM (Original Equipment Manufacturer) maupun ban pengganti (replacement).

“Dengan proyeksi penjualan mobil tahun 2019 yang mencapai 1,1 juta unit, kami optimistis tahun ini Bridgestone Indonesia dapat terus memberikan produk terbaik dan meningkatkan pelayanan berkualitas bagi konsumen Indonesia,” kata Yuichi Asaoka, Marketing Director PT Bridgestone Tire Indonesia, dalam konferensi pers di Jakarta Pusat pada Selasa (9/4/2019).

Mulai awal 2019, Bridgestone juga mengklaim makin memperluas penetrasinya sebagai penyuplai ban OEM beberapa pabrikan mobil, baik segmen menengah ke bawah maupun premium.

“Di pasar OEM, pada awal tahun 2019 ini, Bridgestone telah dipercaya sebagai ban untuk All New Toyota Camry, All New Rush, hingga New Toyota Avanza dan New Daihatsu Xenia,” ujar Yuichi.

Selain itu, Toko Model (TOMO) yang menjadi dealer resmi Bridgestone juga memberikan kontribusi besar bagi penjualannya di Indonesia. Terlebih setelah Bridgestone One Stop Service (BOSS) resmi menjadi lini premium dari TOMO di Cibitung dan Kalimalang pada 2018, yang sekaligus menandai 30 kehadiran TOMO di tanah air.


Saat ini, jaringan resmi penjualan ban Bridgestone telah mencapai 300 outlet, yang tersebar yang di 28 provinsi dan 111 kota di seluruh Indonesia. TOMO juga menawarkan layanan Spooring dan Balancing oleh teknisi bersertifikat dari Bridgestone Indonesia Education Center.

"Sudah lebih dari 40 tahun Bridgestone menjadi perusahaan ban terkemuka di Indonesia. Kami selalu berusaha untuk menyediakan produk-produk dan layanan terbaik bagi konsumen di Tanah Air," kata Akihito Ishii, Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia.

Bridgestone bakal hadirkan produk baru

Pada kesempatan yang sama, Bridgestone juga mengumumkan bakal menghadirkan produk baru yang bakal meluncur pada pertengahan tahun 2019. Hal ini disampaikan oleh Agustini, Marketing & PR Section Manager PT Bridgestone Tire Indonesia.

“Kemarin kami sudah launching Turanza di segmen touring, dan tahun ini kami akan launching untuk segmen sporty,” katanya kepada Tirto.


Ban ini diprediksi akan meluncur berbarengan dengan gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Banten.

“Kemungkinan besar akan meluncur di bulan Juli atau Agustus nanti, mungkin saja [saat GIIAS],” ujar Agustini.

Sedangkan soal nama dan spesifikasi detil dari ban tersebut, Ia masih belum mau membuka informasinya. Namun yang jelas, ban untuk segmen sporty disebut ini telah ditunggu-tunggu penggemarnya.

“Memang sih niche market, tapi pasarnya tetap growing kan. Karena kami ingin ada di semua segmen. Jadi walaupun bisa dibilang ini enggak banyak, tapi kami tetap ingin memberikan yang terbaik,” ujar Agustini.


Baca juga artikel terkait INDUSTRI OTOMOTIF atau tulisan menarik lainnya Dio Dananjaya
(tirto.id - Otomotif)

Reporter: Dio Dananjaya
Penulis: Dio Dananjaya
Editor: Addi M Idhom