BPBD Papua Rekomendasikan KLB Embun Beku di Lanny Jaya

Sumber: Antara, tirto.id - 3 Agu 2022 08:45 WIB
Puluhan lahan ubi jalar dan sayur-sayuran di tiga kampung di Lanny Jaya rusak akibat embun beku.
tirto.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua merekomendasikan penetapan status kejadian luar biasa (KLB) embun beku di Lanny Jaya. Fenomena embun beku membikin lahan pertanian di tiga kampung di Lanny Jaya rusak.

Manajer Pusat Pengendalian Operasi BPBD Provinsi Papua Jonathan Koirewoa mencatat tiga kampung di Lanny Jaya, yakni Kampung Kuyawage, Kampung Lauren dan Kampung Jugu Nomba dilanda embun beku sejak awal Juni 2022.

"Sebanyak 56 lahan perkebunan ubi jalar dan sayur-sayuran di Kampung Lauren dan Jugu Nomba rusak akibat fenomena alam itu," kata Jonathan dikutip dari Antara, Rabu (3/8/2022).

Menurut Jonathan, kondisi tersebut membuat 269 jiwa di daerah itu kesulitan pangan sehingga harus ditetapkan status KLB.

“Penetapan status itu ditetapkan melalui kaji cepat kebutuhan dan kerusakan lahan akibat cuaca ekstrem di sana,” ujarnya.

BPBD Papua juga merekomendasikan pendampingan manajemen penanganan darurat untuk mendukung BPBD Lanny Jaya.

“Untuk itu kami akan segera melaporkan hal ini ke Sekretaris Daerah Papua untuk mengambil keputusan," kata Jonathan.

Dengan begitu, pemerintah diharapkan segera menentukan langkah-langkah ke depan sesuai rekomendasi manajemen darurat. Setelah itu, pemerintah menetapkan posko untuk penanganan bencana di Lanny Jaya.


Baca juga artikel terkait FENOMENA EMBUN BEKU atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight