BOPI Harap Masyarakat Bisa Lebih Apresiasi Kaum Disabilitas

Oleh: Felix Nathaniel - 14 Oktober 2018
Asian Para Games 2018 usai digelar, BOPI berharap masyarakat lebih mengapresiasi atlet para games.
tirto.id -
Ketua Badan Olahraga Profesional Indonesia Richard Sam Bera tidak menampik anggapan bahwa apresiasi masyarakat Indonesia terhadap atlet disabilitas masih rendah. Ia berharap dengan capaian atlet disabilitas, masyarakat bisa lebih mengapresiasi dan mendukung mereka.
Dalam pernyataannya kepada Tirto, Sabtu (13/10/2018), Richard berharap para atlet dan kaum disabilitas bisa mendapat kenyamanan yang sama seperti masyarakat normal.
"Mudah-mudahan, Asian Para Games 2018 dapat menjadi titik awal dari kesadaran Indonesia terhadap saudara-saudara penyandang disabilitas, terhadap kehidupan mereka, dan terhadap aksesibilitas infrastruktur Indonesia," tegas Richard.
Memang pada awal penyelenggaraan Asian Para Games banyak tempat duduk yang masih kosong. Berbeda dengan Asian Games 2018 yang bangkunya kosong karena alokasi kursi panitia, bangku penonton Asian Para Games kosong karena memang kurang laku meski sebagian sudah digratiskan.
Pada pembukaan Asian Para Games 2018, meski tiket terjual habis, tetapi banyak bangku penonton yang malah kosong. Namun apresiasi pemerintah terhadap atlet, menurut Richard, sudah cukup baik.
"Saya sangat menyambut baik bentuk apresiasi yang diberikan oleh pemerintah atas prestasi atlet-atlet Para dari kontingen Indonesia. Ini membuktikan komitmen pemerintah dalam hal kesetaraan terhadap penyandang disabilitas," tegas Richard.
Salah satunya adalah pemberian bonus yang jumlahnya sama dengan atlet Asian Games. Para peraih medali emas Asian Para Games mendapat bonus uang Rp 1,5 miliar dari pemerintah yang telah diberikan oleh Presiden Joko Widodo siang tadi di Istana Bogor.
"Khusus soal bonus, saya sangat senang bahwa apa yang diberikan sama dengan atlet-atlet Asian Games, dan mudah-mudahan ini dapat memacu prestasi mereka di masa yang akan datang," ucap Richard lagi.
Wakil Ketua Inapgoc Sylviana Murni menilai, capaian Indonesia di Asian Para Games sangat memuaskan. Sepanjang tiga kali penyelenggaraan Asian Para Games, Indonesia memang mencatat rekor tertinggi perolehan medali dalam APG kali ini.
"Luar biasa," kata Sylvi.


Baca juga artikel terkait ASIAN PARA GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Agung DH
DarkLight