Bong Joon Ho dan BTS Masuk Tokoh Paling Berpengaruh Korea

Oleh: Syarifah Aini - 30 September 2019
Dibaca Normal 2 menit
Sutradara Bong Joon Ho dan BTS berhasil masuk dalam daftar 20 besar tokoh berpengaruh di industri hiburan Korea Selatan.
tirto.id - Sutradara berbakat, Bong Joon Ho dan boy group popular asal Korea, BTS baru saja meraih prestasi yang membanggakan lewat keberhasilan mereka masuk dalam daftar 20 besar tokoh berpengaruh di industri hiburan Korea Selatan.

Dilansir dari Soompi, Jumat (27/9/2019), pemilihan 20 besar tokoh berpengaruh di industri hiburan Korea ini digelar dalam rangka memperingati 50th Anniversary dari surat kabar harian ternama asal Korea yaitu Ilgan Sports.

Selain itu, pemilihan daftar 20 besar tokoh berpengaruh ini juga dilakukan untuk mengetahui tokoh-tokoh penting yang berpengaruh dalam perkembangan industri hiburan Korea Selatan dalam kurun waktu 50 tahun yaitu sejak tahun 1969 hingga 2019.

Masih dilansir dari sumber yang sama, ke-20 daftar tokoh paling berpengaruh di industri musik Korea adalah sebagai berikut:

1. Cho Yong Pil, Bong Joon Ho — 46 poin
3. Seo Tae Ji, BTS — 40 poin
5. Lee Soo Man — 35 poin
6. Kim Soo Hyun, Na Young Suk — 23 poin
8. Kim Eun Sook, Song Kang Ho — 22 poin
10. Yoo Jae Suk — 19 poin
11. Ahn Sung Ki — 17 poin
12. Im Kwon Taek — 16 poin
13. Park Chan Wook — 15 poin
14. Kim Tae Ho — 11 poin
15. Kim Jong Hak — 10 poin
16. Kim Hye Ja — 9 poin
17. Lee Mi Kyung, Lee Ju Il — 7 poin
19. Lee Byung Hun — 6 poin
20. Bae Yong Joon – 5 poin

Berdasarkan daftar yang dirilis, diketahui bahwa Bong Joon Ho berhasil menduduki posisi teratas dan bersanding imbang dengan penyanyi kawakan yaitu Cho Yong Pil dengan perolehan voting yang sama yaitu sebesar 46 poin.

Dilansir dari Vlive TV, Kamis (26/9/2019), keberhasilan Cho Yong Pil didapat lewat pengaruh besarnya di perkembangan musik Korea Selatan.

Namanya bahkan tercatat sebagai salah satu penyanyi solo popular Korea yang sukses menjual tiket konser di KSPO Dome selama 2 hari berturut-turut pada tahun 2018 lalu.

Sedangkan keberhasilan yang diraih Bong Jong Ho dalam menduduki posisi teratas tersebut didapatkan berkat sederet prestasi yang berhasil ia raih selama berkarya di industri perfilman Korea.

Sejak debutnya pada tahun 2000 melalui karya perdananya bertajuk "The Dog of Flanders", Bong Joon Ho memang tak henti-hentinya meraih prestasi yang membanggakan.

Melalui karya perdananya tersebut, Joon Ho bahkan berhasil meraih penghargaan "Best New Director Award".

Tak hanya itu, baru-baru ini ia melalui film popularnya bertajuk "Parasite" bahkan telah berhasil meraih penghargaan "Palme d'Or Award" dalam ajang bergengsi "72nd Cannes Film Festival" yang digelar pada Mei lalu.

Selain dikenal lewat karya tersebut, Joon Ho juga dikenal dengan karya-karya popular lainnya seperti "Memories of Murder", "The Host", "Snowpiercer", hingga "Okja".

Sementara itu, pada posisi no.3 duo musisi ternama berbeda era yaitu Seo Tae Ji dan BTS berhasil meraih poin yang sama yaitu sebesar 40 poin.

Soe Tae Ji, dianggap berpengaruh penting dalam perkembangan musik di Korea Selatan berkat eksistensinya dalam bermusik selama kurang lebih 30 tahun lamanya.

Tak tanggung-tanggung, menurut Korea Herald, ia bahkan disebut-sebut sebagai "Presiden Budaya" berkat pengaruhnya yang begitu hebat di industri hiburan Korea.

Tak mau kalah dengan seniornya, boy group beranggotakan 7 personel besutan Big Hit Entertainment yaitu BTS juga dianggap memiliki pengaruh yang luar biasa dalam perkembangan industri hiburan Korea.

Dikutip dari Vlive TV, keberhasilan BTS dalam menduduki posisi tersebut didapatkan lewat pengaruhnya yang luar biasa dalam membawa gelombang budaya Kpop di dunia.

Selama berkarier kurang lebih 6 tahun lamanya, BTS telah berhasil menyabet sederet prestasi internasional yang membanggakan seperti "Billboard Music Awards" dan juga "American Music Awards".

Baru-baru ini, boy group yang diketuai oleh Rap Monster ini juga tercatat telah mencetak sejarah dengan keberhasilannya menjadi artis pertama di dunia yang berhasil meraih penghargaan Best K-Pop di ajang MTV Video Music Awards (VMAs) yang digelar di Prudential Center, New Jersey, Amerika Serikat pada 26 Agustus 2019 lalu.

Pemilihan daftar 20 besar tokoh paling berpengaruh di industri hiburan Korea Selatan ini bukan tanpa pertimbangan yang mantang.

Mereka dipilih berdasarkan prestasi serta pengaruh yang mereka bawa ke dalam perkembangan industri hiburan di Korea Selatan.

Selain itu, dilansir dari Vlive TV, kedua puluh daftar tersebut dipilh langsung oleh representasi dari 100 tokoh penting di industri hiburan Korea mulai dari direktur musik, produser, sutradara, tokoh penting dalam agensi, dan lain sebagainya.


Baca juga artikel terkait INDUSTRI HIBURAN KOREA SELATAN atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - )

Kontributor: Syarifah Aini
Penulis: Syarifah Aini
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight