Bohemian Rhapsody, Black Panther, Roma Raih Piala Terbanyak Oscar

Oleh: Adrian Samudro - 25 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Bohemian Rhapsody, Black Panther dan Roma menjadi yang banyak mendapat piala Oscar 2019.
tirto.id - Bohemian Rhapsody, Roma dan Black Panther menjadi film yang banyak memenangkan piala Oscar 2019. Bohemian Rhapsody membawa pulang empat piala, Black Panther tiga piala dan Roma dua piala.

Oscar 2019 terdiri dari 24 daftar nominasi yang diantaranya banyak menominasikan Bohemian Rhapsody, Roma, Black Panther, dan The Favourite.

Bohemian Rhapsody, film biopik yang diproduseri oleh Graham King dan Jim Beach ini menceritakan tentang kehidupan Farrokh Bulsara alias Freddiie Mercury dan perjalanannya bersama band Queen yang dimulai dari tahun 1970an hingga kematiannya di tahun 1991.

Film berhasil memenangkan empat dari lima kategori nominasi yang diantaranya, Sound Mixing Terbaik, Penyuntingan Suara Terbaik, dan Penyuntingan Film Terbaik yang mengalahkan BlacKkKlansman, The Favourite, Green Book dan Vice.

Rami Malek yang memerankan mendiang Freddie Mercury juga ikut menyumbangkan kemenangan Bohemian Rhapsody untuk nominasi Aktor Terbaik Oscar 2019 yang disandingkan dengan deretan nama actor lainnya, termasuk Christian Bale (Vice), Bradley Cooper (A Star Is Born), Willem Dafoe (At Eternity’s Gate), dan Viggo Mortensen (Green Book).


Selain itu, film arahan pemenang Sutradara Terbaik Oscar 2019, Alfonso Cuarón, Roma, mendapatkan dua penghargaan yakni Film Berbahasa Asing Terbaik, dan Sinematografi Terbaik yang berhasil mengalahkan Cold War, The Favourite, Never Look Away, dan A Star Is Born.

Film yang bervisual hitam putih ini menceritakan tentang kehidupan asisten rumah tangga dalam keluarga kelas menangah di lingkungan Colonia Roma, Mexico City.

Sementara itu Black Panther masuk dalam 7 nominasi Oscar 2019 dan meraih tiga penghargaan diantaranya Desain Kostum Terbaik, Desain Produksi Terbaik, dan Musik Original Skor.

Dalam perhelatan Oscar 2019, Black Panther juga masuk dalam sejumlah nominasi lainnya, termasuk Lagu Terbaik yang dimenangkan”Shallow” untuk A Star Is Born, Sound Mixing Terbaik dan Penyuntingan Suara Terbaik yang dimenangkan Bohemian Rhapsody serta Film Terbaik dimenangkan oleh Green Book yang diumumkan pada akhir acara.

Ajang penghargaan Oscar ke-91 telah dihelat di Dolby Theatre, Los Angeles pada Minggu (24/2/2019) waktu setempat atau Senin (25/2/2019) pukul 8.00 WIB.


Baca juga artikel terkait OSCAR 2019 atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Film)

Penulis: Adrian Samudro
Editor: Yantina Debora
DarkLight