Bocoran Spesifikasi Realme 6 dan 6 Pro yang Akan Meluncur 5 Maret

Oleh: Ibnu Azis - 27 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Realme 6 dan Realme 6 Pro akan meluncur di India pada tanggal 5 maret 2020.
tirto.id - Realme 6 dan Realme 6 Pro, smartphone terbaru dari Realme, dijadwalkan meluncur pada tanggal 5 Maret 2020 di India. Kendati tak detail, spesifikasi dua ponsel pintar itu telah dibocorkan oleh Realme India.

Realme India melalui akun Twitter @realmemobiles pada Rabu (26/2/2020) kemarin telah mengumumkan tanggal peluncuran Realme 6 dan Realme 6 Pro di sana. Dua ponsel ini sebagaimana bocoran tersebut akan dibekali kamera utama berkekuatan 64MP.

Masih dari teaser yang diunggah @realmemobiles, Realme 6 dan Realme 6 Pro akan menggunakan desain panel punch-hole atau 'layar tompel' sebagai area letak kamera depan. Di teaser itu tampak bahwa ponsel ini tersemat total 6 buah kamera dengan konfigurasi 4 buah kamera belakang sisanya ialah kamera selfie.

Mengutip GSM Arena, Kamis (27/2), setelan quad-camera di duet Realme 6 dibekali kemampuan 20x zoom. Sementara empat buah kamera belakang ialah untuk kebutuhan ultra-wide, telephoto, ultra-macro, dan 64MP sebagai lensa utama. Resolusi 3 lensa lainnya belum terungkap.

Duet Realme 6 series juga disebut memiliki layar dengan refresh rate 90Hz beresolusi FHD+ yang menawarkan kualitas warna lebih tajam dan cerah serta pengalaman vivid lebih baik.

Realme 6 series untuk urusan daya juga cukup mumpuni lantaran dibekali teknologi flash charge berdaya 30W. Realme mengklaim, teknologi ini mampu mengisi baterai ponsel 40 persen hanya dalam 15 menit. Pada durasi yang sama, flash charge 18W hanya mendapatkan 25 persen, sedangkan 10W hanya 12 persen.

Berdeda dengan Realme 5 dan Realme 5 Pro, duet Realme 6 tak mengusung desain layar waterdrop untuk notch-nya. Akan tetapi, diprediksi hanya Realme 6 Pro yang mengusung dual-camera selfie. Sementara layarnya diperkirakan bertipe OLED.

Realme India belum mengungkap harga Realme 6 dan Realme 6 Pro di sana termasuk spesifiksasi lainnya macam jenis chipset maupun varian terkait konfigurasi ROM dan RAM. Belum ada keterangan resmi pula apakah Realme 6 series bakal diboyong ke Indonesia atau tidak.

Di tanah air, pendahulunya, Realme 5 dan Realme 5 Pro telah dipasarkan pada bulan September 2019 lalu. Artinya, belum genap satu tahun ponsel ini sudah memiliki suksesor. Saat itu, duet Realme 5 series dibanderol dengan harga mulai Rp2 jutaan.

Sementara, Realme Indonesia belum lama ini telah meluncurkan smartphone entry-level Realme C3 yang dibanderol seharga Rp1 jutaan. Ponsel ini merupakan perangkat Realme pertama yang menggunakan antarmuka Realme UI. Berbeda dengan Realme C2, suksesornya punya setelan triple-camera.


Baca juga artikel terkait REALME atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight