Bocoran Spesifikasi iPhone 12 Versi Mini, Berukuran 5,4 Inci

Oleh: Mochammad Ade Pamungkas - 25 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini beberapa bocoran spesifikasi iPhone 12 versi Mini yang dikabarkan akan dirilis bersama iPhone 12 series lainnya.
tirto.id - iPhone 12 Mini akan menjadi smartphone terkecil yang diproduksi oleh Apple pada tahun ini.

Smartphone ini dikabarkan akan dirilis bersamaan dengan ketiga seri iPhone 12 lainnya yaitu iPhone 12 Max, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak Apple, terkait kapan gawai terbaru tersebut akan dirilis. Namun, mengutip dari laman Macworld, iPhone 12 kemungkinan akan keluar pada 12 Oktober, dan bisa diorder mulai November 2020.

Selain itu pada, 22 September lalu, CEO British Telecom Marc Allera pada laman Macrumors menyebutkan bahwa seri terbaru Apple tersebut akan diluncurkan beberapa hari mendatang.

Ia mengatakan, “kita hanya butuh beberapa hari sampai peluncuran besar produk Apple selanjutnya, sebuah iPhone 5G yang di mana akan menjadi lompatan besar untuk teknologi 5G."

Dilansir dari Apple Insider, iPhone 12 Mini akan berukuran sangat kecil yaitu hanya 5.4 inci. Ia dilengkapi dengan bodi alumunium, layar BOE OLED Super Retina, memori RAM 4GB, sistem dual kamera, serta didukung oleh koneksi 5G sebagai terobosan baru.

Penggunaan 5G pada iPhone 12, membutuhkan motherboard yang lebih besar. Kemungkinan hal ini akan membuat seri iPhone ini lebih mahal di bandingkan seri sebelumnya.

Selain itu, Apple juga membutuhkan teknologi liquid crystal polymer (LCP) dan flexible printed circuit (FPC) untuk ditanamkan pada iPhone 12 supaya dapat mendukung sistem konektivitas 5G.

Untuk memenuhi pasokan teknologi 5G pada seri iPhone terbarunya, kemungkinan Apple akan bekerjasama dengan perusahaan Qualcomm.

Tetapi belum ada kejelasan mengenai model 5G yang akan digunakan untuk seri iPhone 12 (termasuk seri Mini) ini, apakah itu model mmWave atau sub-6GHz.

Apple kemungkinan sedang memproduksi modem 5G nya sendiri setelah mendapatkan paten dari intel dengan nilai triliunan dolar AS, namun kemungkinan belum siap untuk diluncurkan tahun ini.

Sementara itu, Qualcomm dalam laman resminya mengungkapkan bahwa mereka sedang meningkatkan teknologi 5G terbarunyanya, yaitu untuk seri Snapdragon 4 yang akan diluncurkan pada awal 2021.

Pihak Apple mungkin akan menanamkan prosesor Bionic A14 pada seri iPhone 12 yang baru saja dikenalkan pada awal September 2020 dan dilengkapi oleh prosesor 5–nanometer dengan performa mencapai 3GHz.

Kemampuan prosesor jenis baru ini disinyalir akan 40 persen lebih cepat di bandingkan prosesor A12 yang ditanamkan di iPad Air 3, serta memiliki perfoma 50 persen lebih baik dari A12Z pada iPad Pro.

Selain itu, terdapat beberapa spesifikasi tambahan yang mungkin akan digunakan untuk seri iPhone 12, yaitu seperti sistem lensa 7-element, video 4K 240fps, dan kabel USB-C Lightning.

Harga seri iPhone 12 cukup beragam mulai dari 649 sampai 1,399 dolar AS. Namun di antara seri produk Apple baru tersebut, iPhone 12 mini akan dibanderol dengan harga yang paling murah yaitu 649 dolar AS untuk penyimpanan 128 GB, dan 749 dolar AS untuk 256 GB.


Baca juga artikel terkait IPHONE 12 MINI atau tulisan menarik lainnya Mochammad Ade Pamungkas
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Mochammad Ade Pamungkas
Penulis: Mochammad Ade Pamungkas
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight