Bocoran Cara Gunakan Stiker Animasi WhatsApp, Fitur Terbaru 2020

Oleh: Balqis Fallahnda - 3 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Para pengguna WhatsApp akan segera dapat mengakses stiker animasi, salah satu fitur terbaru yang hadir pada 2020.
tirto.id - Stiker animasi menjadi salah satu dari lima fitur baru WhatsApp yang meluncur pada pertengahan 2020. WhatsApp resmi mengumumkan rencana peluncuran fitur stiker animasi itu pada 1 Juli lalu.

"Stiker adalah salah satu cara berkomunikasi yang paling digemari di WhatsApp. Miliaran stiker dikirim pengguna setiap hari. Kami meluncurkan paket stiker animasi baru yang tentu saja lebih seru dan ekspresif," demikian keterangan di laman resmi WhatsApp.

Sebenarnya rencana peluncuran fitur stiker animasi WhatsApp sudah terendus sebelumnya. Situs WABetaInfo yang kerap membocorkan fitur-fitur baru WhatsApp, mengabarkan keberadaan stiker animasi ini pada Juni 2020.

Kurang lebih, stiker animasi ini mirip dengan emoji animasi di Telegram. Sudah ada 5 paket stiker animasi yang kabarnya dibuat oleh WhatsApp, yakni Playful Piyomaru, Rico's Sweet Life, Moody Foodies, Chummy Chum Chums, dan Bright Days.


Laman WABetaInfo juga menginformasikan prediksi bahwa fitur stiker animasi WhatsApp terdiri dari tiga bagian fungsi.

Pertama, kemungkinan saat pengguna dapat melihat stiker animasi, juga bisa menyimpan serta mengirim semua stiker animasi yang diterima.

Kedua, ada juga kemungkinan pengguna dapat mengimpor stiker animasi dari pihak ketiga. Pihak ketiga dapat menawarkan paket stiker animasi mereka sendiri.

Ketiga, ada kemungkinan pengguna dapat mengunduh paket stiker animasi default dari WhatsApp Store yang disediakan di aplikasi.

Agar bisa menggunakan stiker animasi terbaru dari WhatsApp, pengguna perlu mengikuti beberapa langkah berikut, sebagaimana bocoran dari laman WABetaInfo.

1. Update aplikasi WhatsApp

Kemungkinan pengguna perlu memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi 2.20.194.7 (Android beta) dan 2.20.70.26 (versi beta iOS) atau pembaruan lain yang lebih baru, untuk dapat melihat Stiker Animasi. Hal ini juga berlaku untuk WhatsApp Business.

WhatsApp selalu mengaktifkan fitur terbaru dalam pembaruan terbaru pula. Versi baru itu mungkin memuat sejumlah dan peningkatan untuk mendukung fitur baru. Oleh karena itu pembaruan yang direkomendasikan di atas kemungkinan besar diperlukan.

2. Buat cadangan riwayat obrolan & instal ulang

Jika pengguna telah memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru yang tersedia, tetapi belum juga dapat menggunakan fitur stiker animasi, sebaiknya buat cadangan riwayat obrolan dan instal ulang WhatsApp jika tidak ingin menunggu lebih lama.

Laman WABetaInfo merekomendasikan cara tersebut karena setiap pengguna melakukan install ulang aplikasi WhatsApp, konfigurasi terbaru dari server diunduh. Hal ini memungkinkan pengguna bisa mengakses fitur-fitur terbaru.

3. Menunggu fitur baru otomatis muncul

Jika pengguna telah menginstal ulang aplikasi WhatsApp, tetapi stiker animasi tetap belum dapat diakses, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah menunggu fitur baru itu hadir. Fitur baru ini tentu secara bertahap akan secara otomatis diaktifkan di pembaruan aplikasi berikutnya, yang bisa diakses oleh semua pengguna WhatsApp.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Addi M Idhom
DarkLight