BMX Gelar Pelatnas di Banyuwangi

- 3 April 2016
Pemusatan latihan nasional (pelatnas) untuk para pembalap Bicycle Motocross (BMX) akan digelar di Sirkuit Muncar di Banyuwangi, Jawa Timur.
tirto.id - Pemusatan latihan nasional (pelatnas) untuk para pembalap Bicycle Motocross (BMX) akan digelar di Sirkuit Muncar di Banyuwangi, Jawa Timur. Raja Sapta Oktohari selaku Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) mengatakan bahwa jika sirkuit tersebut telah memenuhi standar Persatuan Balap Sepeda Internasional atau Union Cyle Internasional (UCI).

“Pelatnas di Jawa akan ditempatkan di Banyuwangi. Saya baru pertama kali datang ke Banyuwangi. Penilaian saya, track BMX terbaik di Indonesia ada di Banyuwangi ini. Semoga fasilitas pendukungnya segera dibangun,” kata Okto di Banyuwangi, Minggu (3/4/2016).

Okto yang baru datang dan langsung melihat kondisi para pembalap merasa takjub. Ajang balapan tersebut diikuti oleh para pembalap dari kelompok usia muda, bahkan dari kelompok usia lima tahun, dan ada juga pembalap senior dari seluruh dunia, sebut saja Takamasa Sampei dari Jepang atau Jimmi Therkelsen asal Denmark.

Ada juga ratu BMX Asia Tenggara asal Malang, Elga Kharisma, serta jajaran pembalap BMX papan atas Indonesia seperti Rio Akbar dan Tony Syarifudin. “Perlombaan yang sangat seru,” ujar Okto.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengaku senang dengan kesempatan baik yang mampir ke daerahnya tersebut. Ia menyambut positif keinginan PB ISSI dan mengatakan jika Sirkuit Muncar masih memiliki lahan yang bisa dibangun untuk fasilitas pendukung lainnya.

“Sirkuit yang ada di lahan aset pemerintah seluas 80 hektar ini sangat mungkin untuk membangun fasilitas pendukung yang dibutuhkan untuk Pelatnas. Di samping sirkuit ini, ada BLK (Balai Latihan Kerja), nanti kalau mau menjadi pusat pelatihan BMX, bisa kita integrasikan dengan memanfaatkannya. Ruang kelas dan penginapannya kan sudah ada, ” paparnya. (ANT)

Baca juga artikel terkait ABDULLAH AZWAR ANAS atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - )

Reporter: Akhmad Muawal Hasan
Penulis:

DarkLight