BMKG: Waspadai Potensi Angin Kencang & Karhutla di NTT

Reporter: Fatimatuz Zahra, tirto.id - 12 Jun 2022 08:36 WIB
Sejumlah daerah juga diimbau untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang.
tirto.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi angin kencang dan meluasnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di 5 kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) hari ini, Minggu (12/6/2022).

"Waspada potensi angin kencang di wilayah Pulau Alor, Pulau Timor, Pulau Rote, Pulau Sabu dan Pulau Sumba; waspada potensi meluasnya kebakaran hutan/lahan di wilayah NTT," demikian keterangan pada laman resmi BMKG.

Selain peringatan dini angin kencang dan potensi penyebaran karhutla di NTT, hari ini juga BMKG memberikan peringatan dini potensi hujan lebat disertai petir di sejumlah daerah di Indonesia.

Sejumlah provinsi yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir adalah Aceh, Bali, dan Bengkulu.

Selain itu, sejumlah daerah juga diimbau untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang. Beberapa di antaranya adalah Riau, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat dan DKI Jakarta.

Selain DKI Jakarta, BMKG memperkirakan hujan lebat disertai angin juga melanda sejumlah wilayah di Jawa Barat, termasuk kota-kota penyangga ibu kota seperti Bogor, Depok dan Bekasi.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang antara siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi," kata BMKG.

Cuaca serupa juga berpotensi terjadi sejumlah wilayah di Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Banten dan Jawa Timur.


Baca juga artikel terkait KARHUTLA atau tulisan menarik lainnya Fatimatuz Zahra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Fatimatuz Zahra
Penulis: Fatimatuz Zahra
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight