BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Siklon Tropis Kenanga

Oleh: Yulaika Ramadhani - 18 Desember 2018
BMKG menyebutkan siklon tropis kenanga ini mempengaruhi cuaca di Indonesia.
tirto.id -
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga mewaspadai potensi munculnya gelombang tinggi akibat siklon tropis Kenanga di sejumlah wilayah Indonesia selama sepekan ini.

Keterangan tertulis dari Humas BMKG, Selasa (18/12/2018) menyebutkan, siklon tropis Kenanga hari ini diprediksi terjadi selama 48 jam mulai pukul 19.00 WIB dengan arah gerak barat daya dan kecepatan 10 knot (19 Km/jam) dan kecepatan angin maksimum 70 knots (130 km/jam).
Sementara itu, BMKG juga memprediksi siklon tropis Kenanga juga akan terjadi pada Rabu (19/12/2018). Pihak BMKG memprediksi siklon ini akan terjadi selama 72 jam mulai pukul 19.00 WIB, bergerak ke barat daya dengan kecepatan angin 8 knot (15 km/jam) dan bergerak menjauhi wilayah Indonesia dengan kecepatan angin maksimum sebesar 55 knots (100 km/jam).

BMKG menyebutkan siklon tropis kenanga ini mempengaruhi cuaca di Indonesia. Siklon Tropis Kenanga memberikan dampak terhadap cuaca di Indonesia berupa meningkatnya gelombang laut setinggi 1,25 - 2,5 meter di perairan Barat Aceh, perairan Barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Nias, perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Aceh, perairan Selatan Jawa Barat hingga Sumbawa.

Selain itu, perlu diwaspadai juga gelombang laut setinggi 2,5 - 4 meter di perairan Barat Kepulauan Mentawai, perairan Enggano dan Samudra Hindia Barat Mentawai hingga Selatan Banten.


Baca juga artikel terkait CUACA EKSTREM atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani