BMKG: Gempa 4,9 SR di Pesisir Barat Lampung Tak Berpotensi Tsunami

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 3 Januari 2019
Gempa berkekuatan 4,9 SR yang mengguncang Pesisir Barat Lampung tidak berpotensi tsunami, masyarakat diimbau tetap tenang.
tirto.id - Gempa bumi berkekuatan 4,9 Skala Richter (SR) mengguncang Pesisir Barat Lampung pada Rabu (2/1/2019) malam, pukul 20.43 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa tidak berpotensi tsunami.

“Bagi masyarakat diimbau tetap tenang karena tidak berpotensi tsunami,” ucap Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II Tangerang Selatan, Joko Siswanto melalui akun instagram @infobmkg yang dipublikasikan pada Rabu(2/1) malam.

Lokasi gempa berada di 144 km dari pesisir barat Lampung dengan titik koordinat 6,47 LS dan 103,69 BT serta kedalaman yang ditaksir mencapai 27 km.

Menurut pengamatan hiposentrumnya, gempa bumi di barat daya Lampung ini dipastikan memiliki kedalaman dangkal. Penyebabnya aktivitas subduksi pergerakan Lempeng Indo-Australia yang berada di bawah Lempeng Eurasia.

Berdasarkan data BMKG, Joko mengatakan, gempa bumi juga dirasakan oleh masyarakat yang berdomisili di Liwa, Kabupaten Lampung Barat. Skala yang dirasakan mencapai I-II Modified Mercalli Intensity (MMI).

“Saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan harta benda yang dialami masyarakat,” ucap Joko.

BMKG, tambah Joko, masih terus melakukan pemantauan dan hingga saat ini dipastikan belum terjadi gempa susulan.


Baca juga artikel terkait GEMPA LAMPUNG atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight