BMKG dan BNPB Minta Masyarakat Morowali Waspada Potensi Tsunami

Oleh: Agung DH - 12 April 2019
BMKG dan BNPB memastikan bahwa gempa di Morowali berpotensi tsunami. Masyarakat di daerah yang berpotensi tsunami untuk segera mengungsi.
tirto.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan waspada tsunami untuk Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) menyusul gempa bumi magnitudo 6,9 Skala Richter (SR) pada Jumat (12/4) pukul 18.40 WIB.

Informasi dari BMKG menyebutkan untuk wilayah Morowali Sulteng perlu mewaspadai munculnya tsunami. Waktu tiba gelombang diperkirakan dapat berbeda. BMKG juga menyebutkan gelombang yang pertama bisa saja bukan yang terbesar.


Terkait peringatan waspada tersebut, masyarakat diarahkan untuk menjauhi pantai dan sungai. Daerah yang berpotensi tsunami adalah di Kecamatan Toili. Masyarakat di daerah tersebut diminta untuk mengungsi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga telah mengeluarkan peringatan potensi tsunami terkait gempa di Sulteng,

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan bahwa gempa berpotensi tsunami di Kabupaten Morowali namun sampai saat ini belum bisa dikontak.

"BMKG menyatakan gempa berpotensi tsunami dengan status peringatan Waspada. Artinya Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang berada pada status Waspada diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan sungai," jelas Sutopo.

Menurut BNPB, gempa terasa kuat di Kab. Banggai. Daerah yang berpotensi tsunami adalah di Kec. Toili.

Menghadapi potensi ini, Kalak BPBD Kab. Banggai telah mendapat rekomendasi dari BMKG setempat, bahwa masyarakat di Kec. Toili diminta untuk mengungsi.

Sutopo menjelaskan bahwa getaran gempa sampai di Kota Palu sekitar 6 detik. Masyarakat panik dan keluar dari rumah. Gempa juga terasa kuat di Kab. Luwu Timur sekitar 4 detik.

Pusat gempa berada pada 1.90 LS dan 122.54 BT dengan kedalaman 10 km. Pusat gempa berada di sekitar 85 km barat daya Banggai Kepuluan, atau 113 km arah barat daya Banggai atau 113 km timur laut Morowali Sulteng.


Baca juga artikel terkait GEMPA BUMI atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Agung DH
Editor: Addi M Idhom