Blusukan di Pasar Kranggan, Jokowi: Beli Yang Tak Ada di Mal-Mal

Oleh: Maya Saputri - 25 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
"Membeli yang tidak ada mal-mal, seperti emping mlinjo kering, kecipir," kata Presiden Jokowi.
tirto.id - Presiden Jokowi tiba di Pasar Kranggan, Jalan Diponegoro Kota Yogyakarta, Rabu (25/7/2018) sekitar pukul 09.30 WIB. Presiden sempat berkeliling di pasar tersebut dan membeli sejumlah makanan dengan didampingi Mensesneg Pratikno dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi.

"Membeli yang tidak ada mal-mal, seperti emping mlinjo kering, kecipir," kata Presiden Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga membeli satu tandan pisang raja yang dijual oleh Mbah Pur, nenek asal Muntilan, Jawa Tengah.

"Dari beberapa tandan pisang yang ada, Jokowi hanya membeli satu tandan. Saya tawarkan Rp300.000 dan langsung dibeli. Alhamdulillah, ini rejeki," kata Mbah Pur yang sehari-hari memang berjualan di Pasar Kranggan.

Presiden Joko Widodo juga membeli sejumlah jajanan pasar di antaranya lemper, sawut, dan cucur.

"Totalnya Rp47.000 tetapi dikasih uang Rp100.000. Tidak perlu dikembalikan kata beliau," kata pedagang jajanan pasar Welas yang mengaku senang bisa bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo.

Dalam kunjungannya, Presiden juga membagi-bagikan suvenir di antaranya kain batik dan buku tulis.

"Beliau membeli barang-barang yang tidak banyak ditemukan di pasar modern," kata Heroe.

Heroe menambahkan, Presiden berpesan agar kondisi pasar tradisional semakin diperbaiki bahkan memberikan lampu hijau untuk pekerjaan revitalisasi sejumlah pasar tradisional pada tahun depan.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan ke Provinsi DIY adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono, dan Staf Khusus Presiden Siti Ruhaini Dzuhayatin

Deputi Bidang Protokol, Pers,dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyebutkan dalam kunjungan ke DIY, Presiden akan menghadiri acara bertema peningkatan kapasitas pemerintahan desa di Yogyakarta.

Setelah itu Presiden dan rombongan menuju Gedung Graha Pradipta, Jogja Expo Center (JEC), Kabupaten Bantul untuk menghadiri acara Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa Lingkup Regional Balai Pemerintahan Desa di Yogyakarta.

Sore harinya, Presiden Jokowi beserta rombongan akan langsung kembali ke Jakarta melalui Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Kabupaten Sleman, Provinsi DIY.


Baca juga artikel terkait KINERJA JOKOWI-JK atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Ekonomi)

Sumber: antara
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri
DarkLight