Blak-blakan, BIJB Ungkap Penyebab Kertajati Hampir Mati Suri

Reporter: Selfie Miftahul Jannah, tirto.id - 14 Sep 2022 12:39 WIB
Dibaca Normal 1 menit
BIJB bersiap untuk rencana penerbangan umrah dan haji pada November 2022. Saat ini sudah tersedia beberapa fasilitas seperti hotel dan pengerjaan jalan tol.
tirto.id - VP Corporate Secretary & General Administration Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Dian Nurrahman blak-blakan terkait hambatan yang dihadapi BIJB selama hampir 3 tahun. Mulai dari pandemi Covid-19 berdampak pada sepi penumpang, proses pembangunan ekosistem semakin sulit, akses tol yang belum selesai hingga penginapan belum terbentuk.

Walaupun begitu, Dian mengklaim masa-masa sulit itu sudah mulai terlewati. Kini BIJB menata kembali, bersiap untuk rencana penerbangan umrah dan haji pada November 2022. Berbeda dengan dua tahun lalu, saat ini sudah tersedia beberapa fasilitas seperti hotel dan pengerjaan jalan tol yang hampir selesai.

"Kalau untuk umroh kan kelihatannya memang tidak membutuhkan hotel kita kan juga pernah melakukan penerbangan umroh di periode sebelumnya, tetapi kalaupun memang itu dibutuhkan tentunya di Kertajati kan sudah ada hotel yang jaraknya cuman sekitar 3 kilometer kapasitasnya 124 kamar," kata Dian kepada Tirto, Rabu (14/9/2022).

Bangkitnya BIJB dimulai dari penerbangan umrah pada November tahun ini. Setelah itu, Dian menjelaskan pihaknya tengah berupaya untuk menata kembali rute penerbangan dan mengembalikan jadwal penerbangan dari Bandung ke Bandara Kertajati.

"Karena ini kan sejatinya waktu 2019 itu kita ada pemindahan ke Bandung [Husein Sastranegara] itu kan harusnya ada evaluasi 3 bulanan gitu kan karena sudah berlalu makanya kita memohon untuk dialihkan lagi penerbangan dari Bandung ke Kertajati," ujar dia.

Sementara itu, dia menuturkan ada 16 rute penerbangan yang tengah diupayakan kembali dari Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati. Berikut rinciannya:

  1. Pekanbaru-Kertajati
  2. Kertajati - Balikpapan
  3. Surabaya - Kertajati
  4. Kertajati - Batam
  5. Medan - Kertajati
  6. Kertajati - Denpasar
  7. Batam - Kertajati
  8. Kertajati Banjarmasin
  9. Makasar - Kertajati
  10. Kertajati - Surabaya
  11. Balikpapan - Kertajati
  12. Kertajati - Pekanbaru
  13. Denpasar - Kertajati
  14. Kertajati - Medan
  15. Batam - Kertajati
  16. Kertajati -Makassar



Melakukan Komunikasi dengan 12 Travel



Selain penataan rute, pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan 12 travel agar penumpang pesawat bisa mendapatkan akses transportasi yang lebih mudah. Tidak hanya itu, pihaknya juga akan berkomunikasi dengan Damri setelah beberapa persiapan terkait penataan rute sampai umrah sudah terealisasi.

"Memang sudah ada kesanggupan dari setiap dari 12 itu sudah sudah hampir semua lah menyatakan siap untuk ikut kalau ada penerbangan. Kemudian kami minta cisumdawu kalau seksi 1, 2, 3 itu segera bisa diakses. Sayangnya seksi dua itu belum bisa diakses ya karena ada longsoran. Kemudian 4, 5, 6 itu memang belum selesai. Kita minta kita juga agar ditunggu ini diaktivasi 1-3 nya aja dulu gitu lho, agar membantu untuk kargo," kata dia.

Lebih lanjut, dia menjelaskan sejak Desember 2021 BIJB sudah memiliki aktivitas penerbangan. Tetapi hanya untuk mengangkut logistik.

"Desember 2021 sampai dengan Agustus itu penerbangan kargo kita tuh jalan rata-rata 45 ton per hari itu berjalan. Jadi nggak jadi bukan tidak ada aktivitas. Ini kebanyakan barang barang komoditi ecommerce," tandasnya.









Baca juga artikel terkait BIJB KERTAJATI atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight